Budiawan, Gangsar Hendra and , Dra. Partini, M.Si (2014) Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Minat Belajar Matematika Pada Siswa SMK Muhammadiyah 4 Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang di minati kebanyakan siswa untuk menumbuhkan rasa minat selain guru yang berpengaruh di butuhkan dukungan keluarga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan minat belajar pada siswa SMK Muhammadiyah 4 wonogiri. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara dukungan keluarga dengan minat belajar pada siswa Smk Muhammadiyah 4 wonogiri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi SMK Muhammadiyah 4 wonogiri dengan sampel yang berjumlah 88. pengukuran sampel menggunakan cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala dukungan keluarga dan skala minat belajar. Analisis data menggunakan korelasi product moment dari Pearson. Hasil analisis diperoleh data koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,367 dengan Signifikansi p=0,000 ( p≤0,01). Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan keluarga dengan minat belajar pada siswa SMK Muhammadiyah 4 wonogiri, yang berarti hipotesis diterima ada hubungan yang positif antara dukungan keluarga dengan minat belajar. Sumbangan efektif dari variabel dukungan keluarga dengan variabel minat belajar adalah 13,4% , hal ini berarti masih terdapat 86,6% variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi minat belajar. Variabel minat belajar mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 79,23 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 67,5 yang berarti minat belajar pada siswa tergolong tinggi. Variabel dukungan keluarga diketahui rerata empirik (RE) sebesar 52,88 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 62,5 yang berarti tergolong tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan keluarga dengan minat belajar. Semakin tinggi dukungan keluarga yang di miliki siswa, maka akan semakin tinggi minat belajar siswa, sebaliknya semakin rendahdukungan keluarga maka semakin rendah pula minta belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan keluarga,minat belajar matematika, siswa SMK |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Setiawan Setiawan BL |
Date Deposited: | 17 Feb 2015 08:34 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31923 |
Actions (login required)
View Item |