Rofiandana, Saifrudin (2014) Perbedaan Kepuasan Kerja Antara Guru yang Telah Bersertifikasi dengan yang Belum Bersertifikasi Di Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf Download (196kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf Download (59kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf Download (752kB) |
Abstract
Guru sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih. Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru dan dosen atau bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan pada guru dan dosen sebagai tenaga profesional. Kepuasan kerja adalah pandangan karyawan yang menyenangkan atau tidak menyenangkan terhadap pekerjaan mereka. Kepuasan kerja guru berdampak pada prestasi kerja, disiplin dan kualitas kerja para guru. Pada guru yang puas terhadap pekerjaannya kemungkinan akan membuat berdampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepuasan kerja antara guru yang bersertifikasi dan yang belum bersertifikasi. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan kepuasan kerja antara guru yang telah bersertifikasi dengan guru yang belum bersertifikasi. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota MGMP Bahasa Jawa SMP se Surakarta dengan sampel 60 orang. Alat ukur yang digunakan untuk mengungkap variabel-variabel penelitian yakni: skala kepuasan kerja. Penelitian ini menggunakan purposive sample. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t. Berdasarkan hasil perhitungan teknik analisis diperoleh nilai uji-t sebesar 0,733. Artinya tidak terdapat perbedaan kepuasan kerja antara guru yang telah bersertifikasi dengan yang belum bersertifikasi. Rerata tingkat kepuasan kerja guru bersertifikasi sebesar 139,58, dan guru yang belum bersertifikasi sebesar 136,71. Rerata empirik (RE) sebesar 138,43 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 107,5 yang berarti kepuasan kerja pada subjek tergolong tinggi. Berdasar hasil penelitian maka hipotesis yang menyatakan terdapat perbedaan kepuasan kerja guru bersertifikasi dengan guru yang belum bersertifikasi ditolak
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepuasan kerja, guru sertifikasi, dan guru non sertifikasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Setiawan Setiawan BL |
Date Deposited: | 17 Feb 2015 02:52 |
Last Modified: | 17 Feb 2015 02:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31898 |
Actions (login required)
View Item |