Perwira, Prapto Ari and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd and , Drs. Samino, M.M. (2014) Implementasi Metode Untuk Meningkat Pendidikan Kewarganegaraan SD Negeri 03 Jetis Pembelajaran Guided Note Taking Peningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Kelas V Kecamatan Jaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
A510070034-COVER-PENGANTAR-DAFTAR ISI-SKRIPSI-PGSD.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
A510070034-BAB I-SKRIPSI-PGSD.pdf Download (136kB) |
|
PDF (Bab II)
A510070034-BAB II-SKRIPSI-PGSD.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
PDF (Bab III)
A510070034-BAB III-SKRIPSI-PGSD.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
PDF (Bab IV)
A510070034-BAB IV-SKRIPSI-PGSD.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
|
PDF (Bab V)
A510070034-BAB V-SKRIPSI-PGSD.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
A510070034-DAFTAR PUSTAKA-SKRIPSI-PGSD.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Lampiran)
A510070034-LAMPIRAN-SKRIPSI-PGSD.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
A510070034-NASKAH PUBLIKASI-SKRIPSI-PGSD.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Metode pembelajaran yang diterapkan masih bersifat satu arah sehingga membentuk kejenuhan belajar yang memberikan pengaruh terhadap capaian ketuntasan hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas V SDN 03 Jetis kecamatan Jaten melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan implementasi metode pembelajaran guided note taking, pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian tindakan kelas (PTK) diwujudkan pada sekurangkurangnya dua siklus tindakan sebagai usaha untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar. Subjek pelaku tindakan adalah guru kelas V dan subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Triangulasi data digunakan untuk menjaga validitas data yang didukung dengan diskusi kolaboratif, sedangkan analisis interaktif digunakan untuk teknik analisa data. Berdasarkan hasil penelitian sebelum tindakan siklus dilaksanakan, tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal berada pada angka 53,5 %. Sedangkan pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar klasikal dari 53,5 % menjadi 72 %. Pada siklus I terjadi penurunan tingkat kejenuhan belajar siswa dari 62,79 % menjadi 23,26 %. Pada tindakan siklus II terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar klasikal dari 72 % menjadi 79 %. Pada siklus II kembali terjadi penurunan tingkat kejenuhan belajar siswa dari 23,26 % menjadi 16,27%. Dapat disimpulkan bahwa implementasi metode pembelajaran guided note taking dapat meningkatkan katuntasan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas V SDN 03 Jetis kecamatan Jaten tahun ajaran 2013/2014. Implementasi metode pembelajaran guided note taking juga dapat menurunkan tingkat kejenuhan belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas V SDN 03 Jetis kecamatan Jaten tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guided note taking, hasil belajar, kejenuhan belajar, pendidikan kewarganegaraan, metode pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 16 Feb 2015 08:48 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 06:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31889 |
Actions (login required)
View Item |