Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Balok Bergambar Pada Anak Kelompok A TK PGRI II Celep Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun 2014/2015

Santoso, Urip and , Drs. M. Yahya, M.Si. (2014) Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Balok Bergambar Pada Anak Kelompok A TK PGRI II Celep Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
3. BAB 1.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Bab II)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab III)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab IV)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Lampiran)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
9RR. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (675kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan melalui permainan balok bergambar di kelompok A TK PGRI II Celep kecamatan kedawug kabupaten sragen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah guru dan seluruh anak yang berada di TK PGRI II Celep kelompok A sebanyak 19 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa pengembangan kemampuan berhitung permulaan anak melalui permainan dadu warna dapat berkembang. Hal ini terbukti dengan adanya pengembangan prosentase kemampuan berhitung permulaan dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni rata-rata Sebelum tindakan anak sebesar 45%, rata-rata pada siklus I mencapai 61%, rata-rata pada siklus II mencapai 90%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan bermain dadu warna dapat mengembangkan kemampuan kemampuan berhitung permulaan anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berhitung permulaan, permainan balok bergambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Feb 2015 04:54
Last Modified: 20 Oct 2021 06:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31851

Actions (login required)

View Item View Item