Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Putri, Afi Amalia (2014) Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (722kB)
[img]
Preview
PDF (Hal. Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (771kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
04._BAB_I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab 2)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] PDF (Bab 3)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab 4)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] PDF (Bab 5)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daf Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Abstraksi : Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara selfregulated learning dengan kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara self-regulated learning dengan kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi UMS. Teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling,dikarenakan populasi terdiri dari sejumlah strata atau sub-sub kelompok, yang berpontensi membawa perbedaan pada variabel yang sedang diamati. Sample penelitian terdiri dari angkatan 2011-2013 yang berjumlah 88 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala self-regulated learning dan skala kemampuan pemecahan masalah. Metode analisis data menggunakan analisis Product Moment. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi rxy = 0,841, dengan sig = 0,000; (p ≤ 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara self-regulated learning dengan kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sumbangan efektif (SE) self-regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 70,7% ditunjukkan oleh koefisien determinasi (r²) sebesar 0,707. Self-regulated learning pada subjek penelitian tergolong tinggi, ditunjukkan dengan rerata empirik (RE) = 101,34 dan rerata hipotetik (RH) = 70. Kemampuan pemecahan masalah pada subjek penelitian tergolong tinggi, ditunjukkan dengan rerata empirik (RE) = 108,15 dan rerata hipotetik (RH) = 78.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self-Regulated Learning, kemampuan pemecahan masalah, mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 03 Feb 2015 13:38
Last Modified: 04 Feb 2015 06:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31794

Actions (login required)

View Item View Item