Hubungan Antara Intensitas Membaca Ayat Suci Al-Qur’an Dengan Kepercayaan Diri Pada Mentor Kegiatan Mentoring Universitas Muhammadiyah Surakarta

MIOS PRADIKA, FITRIANA and , Susatyo Yuwono ,S. Psi, M. Si., Psi. (2014) Hubungan Antara Intensitas Membaca Ayat Suci Al-Qur’an Dengan Kepercayaan Diri Pada Mentor Kegiatan Mentoring Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (981kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (304kB)

Abstract

Kepercayaan diri seharusnya dimiliki oleh siapa saja, terutama untuk para mentor dalam kegiatan mentoring. Mereka dituntut untuk memiliki kepercayaan diri karena tugasnya yang harus mampu memimpin dan mengarahkan kelompoknya (mahasiswa baru) dalam menanamkan nilai-nilai keislaman agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan. Namun dari hasil wawancara yang dilakukan kepada para mentor, dapat disimpulkan bahwa para mentor juga memiliki masalah terkait dengan kepercayaan diri. Dalam banyak penelitian menyebutkan bahwa membaca Al-Qur’an memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah penurunan kecemasan, di mana kecemasan adalah salah satu ciri ketidakpercayaan diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1). Hubungan antara intensitas membaca ayat suci Al-Qur’an dengan kepercayaan diri. 2). Peranan intensitas membaca ayat suci Al-Qur’an terhadap kepercayaan diri. 3). Tingkat kepercayaan diri pada mentor kegiatan mentoring. 4). tingkat intensitas membaca ayat suci Al-Qur’an pada mentor kegiatan mentoring. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara intensitas membaca ayat suci Al-Qur’an dengan kepercayaan diri. Populasi dalam penelitian ini adalah mentor kegiatan mentoring Universitas Muhammadiyah Surakarta. Peneliti menggunakan teknik simple random sampling, yaitu dengan melakukan random terhadap 12 fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Surakarta, kemudian terpilih tiga fakultas yaitu fakultas Hukum, Agama Islam, dan Geografi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 108 orang. Alat pengumpul data menggunakan skala kepercayaan diri dan skala intensitas membaca ayat suci Al-Qur’an. Teknik analisis data menggunakan korelasi dari Kendall’s karena salah satu uji asumsi tidak terpenuhi. Hasil analisis data menunjukkan hipotesis dierima, nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,142 dengan p = 0,035 (p ≤ 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan positif antara intesitas membaca ayat suci Al-Qur’an dengan kepercayaan diri. Sumbangan efektif intensitas membaca ayat suci Al-Qur’an terhadap kepercayaan diri sebesar 2%, yang ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2) sebesar 0,02. Diketahui rerata empiric intensitas membaca ayat suci Al-Qur’an sebesar 36,75 dan rerata hipotetik sebesar 37,5 yang berarti bahwa intensitas membaca ayat suci Al-Qur’an pada subjek adalah sedang. Sedangkan rerata empirik kepercayaan diri sebesar 67,01 dan rerata hipotetik sebesar 65, hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri pada subjek adalah sedang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepercayaan diri, intensitas membaca ayat suci Al-Quran, mentoring, mentor
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 1508 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2015 13:16
Last Modified: 18 Oct 2021 11:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31791

Actions (login required)

View Item View Item