FEBRIANTO, Ridwan (2014) Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (160kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (106kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah pendidikan. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar adalah efikasi diri. Akan tetapi tidak semua siswa memliliki motivasi belajar yang tinggi, seperti hasil wawancara yang dilakukan oleh penulis kepada dua orang siswa SMA Al Islam bahwa mereka akhir-akhir ini kurang mempunyai motivasi belajar yang disebabkan oleh kurangnya keyakinan mereka terhadap kemampuan diri sendiri dalam menghadapi berbagai kesulitan. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan motivasi belajar, sehingga penulis mengajukan hipotesis ada hubungan positif antara efikasi diri dengan motivasi belajar pada siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Al Islam I Surakarta, yang berjumlah 347. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling, yaitu semua kelompok/kelas dalam populasi diberi peluang yang sama untuk dijadikan sampel. Alat ukur yang digunakan untuk mengungkap variabel-variabel penelitian ada 2 macam alat ukur, yaitu: (1) skala efikasi diri, dan (2) skala motivasi belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh koefisien korelasi (rxy) = 0,463 dengan p≤0,01, yang berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan motivasi belajar. Semakin tinggi efikasi diri maka semakin tinggi motivasi belajar siswa, dan sebaliknya semakin rendah efikasi diri semakin rendah motivasi belajar siswa. Rerata empirik pada variabel efikasi diri sebesar 58,08 dengan rerata hipotetik sebesar 57,5, yang berarti mempunyai tingkat efikasi diri yang sedang. Selanjutnya rerata empirik variabel motivasi belajar sebesar 127,45 dengan rerata hipotetik sebesar 107,5, yang berarti mempunyai motivasi belajar yang tinggi. Peranan efikasi diri terhadap motivasi belajar (SE) sebesar 21,4%, sehingga masih terdapat 76,8% faktor lain selain efikasi diri yang mempengaruhi motivasi belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, Efikasi diri, siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 29 Jan 2015 13:07 |
Last Modified: | 29 Jan 2015 13:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31751 |
Actions (login required)
View Item |