HIKMAH, MUFATIKHAH ROUDOTUL and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2014) Peningkatan Aktivitas Dan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Van Hiele (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV Semester Genap di SDN Jrahi 01 Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf Download (957kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) |
||
PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (809kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Van Hiele. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data guru dan siswa. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan metode tes. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dengan triangulasi penyidik. Hasil penelitian, penerapan model pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep siswa. Hal ini dapat dilihat dari indikator aktivitas matematika (a) antusisme siswa dalam mengikuti pembelajaran, kondisi awal 37,50% siklus I 68,75 siklus II 75% (b) siswa mampu berinteraksi dengan guru, kondisi awal 18,75% siklus I 56,25% siklus II 68,75% (c) aktivitas belajar kelompok, kondisi awal 43,75% siklus I 68,75% siklus II 87,50% (d) ketrampilan menggunakan alat peraga, kondisi awal 25,00% siklus I 50% siklus II 81,25% (e) partisipasi siswa menyimpulkan materi, kondisi awal 37,50% siklus I 56,25% siklus II 68,75%. Sedangkan indikator pemahaman konsep matematika yaitu (a) siswa mampu mengkontruksikan permasalahan bangun ruang dalam kehidupan sehari-hari, kondisi awal 37,50% siklus I 50,00% siklus II 75,00% (b) siswa dapat menerapkan konsep pada permasalahan yang tepat, kondisi awal 31,25% siklus I 62,50% siklus II 75,00% dan (c) siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai konsep yang benar, kondisi awal 31,25% siklus I 68,75% siklus II 81,25%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas, pemahaman konsep, Van Hiele |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 27 Jan 2015 12:47 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 23:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31733 |
Actions (login required)
View Item |