Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Strategi Problem Based Learning (PBL) Melalui Pendekatan Scientific Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang (PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2013/2014)

Cahyaningsih, Novita and , Dr. Sumardi, M.Si (2014) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Strategi Problem Based Learning (PBL) Melalui Pendekatan Scientific Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang (PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (889kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan pemecahan masalah matematika dalam pembelajaran matematika dengan strategi Problem Based Learning melalui pendekatan Scientific pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Sambi tahun ajaran 2013/2014.Siswa sebagai penerima tindakan berjumlah 32 siswa.Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur, yaitu proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemecahan masalah matematika dalam pembelajaran matematika.Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut : 1) siswa mampu memahami masalah sebelum tindakan 12,56% dan akhir tindakan 68,06%, 2) siswa mampu merencanakan pemecahan masalah sebelum tindakan 15,64% dan akhir tindakan 78,14%, 3) siswa mampu melaksanakan pemecahan masalah sebelum tindakan 8,97% dan akhir tindakan 69,72%, 4) siswa mampu melakukan pengecekan terhadap hasil yang didapat dengan benar sebelum tindakan 10,99% dan akhir tindakan 77,49%, 5) Siswa menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 9,70% dan akhir tindakan 79,95%. Hasil uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan strategi Problem Based Learning melalui pendekatan Scientific dapat meningkatkan pemecahan masalah matematika dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Sambi tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemecahan masalah matematika,problem based learning,scientific
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 27 Jan 2015 12:10
Last Modified: 17 Oct 2021 23:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31730

Actions (login required)

View Item View Item