KRISTIANINGRUM, FITRI and , Dr. Sumardi, M.Si (2014) Peningkatan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran problem solving dengan pendekatan scientific(ptk pembelajaran matematika di kelas xi smk n 1 purwodadi pada pokok bahasan barisan dan deret). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
03._HALAMAN_JUDUL.pdf Download (318kB) |
|
|
PDF (Bab I )
04._BAB_I.pdf Download (45kB) |
|
PDF (Bab II )
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (Bab III )
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab IV )
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
PDF (Bab V )
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (48kB) |
|
PDF (Lampiran )
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (524kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan barisan dan deret serta meningkatkan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran problem solving dengan pendekatan Scientific. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas XI AP1 SMK Negeri 1 Purwodadi yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) fokus pada pokok permasalahan dalam suatu masalah sebelum tindakan sebanyak 25 siswa (71,42%) setelah tindakan kelas sebanyak 33 siswa (94,28%). 2)Kemampuan siswa dalam memberikan alasan yang logis dan sesuai dengan fokus permasalahan terhadap suatu masalah sebelum tindakan sebanyak 20 siswa (57,14%). 3)Menentukan kesimpulan berdasarkan alasan yang tepat dan mencocokkan dengan situasi yang sebenarnya sebelum tindakan13 siswa (37,14%) setelah tindakan kelas sebanyak 25 siswa (71,43%). 4)Kejelasan mengenai istilah argument yang digunakan sebelum tindakan sebanyak 7 siswa (20%) setelah tindakan kelas sebanyak 14 siswa (40%). 5)Meninjau/mengecek kembali yang sudah diputuskan sebelum tindakan sebanyak 4 siswa (11,42%), setelah tindakan kelas sebanyak 11 siswa (31,42%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran problem solving dengan pendekatan Scientific dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berpikir kritis, pembelajaran, problem solving, scientific. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 26 Jan 2015 15:23 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 23:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31726 |
Actions (login required)
View Item |