KHOIRUNNISA, SABILA and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2014) Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika Dengan Problem Based Learning (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIIIB Semester Genap KMI Ta’mirul Islam Surakarta Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa kelas VIIIB semester genap KMI Ta’mirul Islam Surakarta. Secara khusus, mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar matematika siswa kelas VIIIB semester genap KMI Ta’mirul Islam Surakarta dengan PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika dengan PBL. Kegiatan penelitian tindakan merupakan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi terhadap tindakan. Peningkatan kemandirian belajar matematika dilihat dari data berikut: a) siswa yang mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab belajar dari 3 siswa (10%), pada siklus pertama 11 siswa (36,67%) dan pada siklus kedua 21 siswa (70%), b) siswa yang mampu mengatasi masalah dari 4 siswa (13,33%) pada siklus pertama 9 siswa (30%) dan pada siklus kedua 19 siswa (63,33%), c) siswa yang percaya pada kemampuan belajar diri sendiri dari 5 siswa (16,67%), pada siklus pertama 12 siswa (40%) dan pada siklus kedua 18 siswa (60%), d) siswa yang mampu mengatur cara belajarnya sendiri dari 3 siswa (10%) pada siklus pertama 10 siswa (33,33%) dan pada siklus kedua 23 siswa (76,67%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | belajar, kemandirian, problem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 26 Jan 2015 12:11 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 22:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31716 |
Actions (login required)
View Item |