Kurniawan, Edi and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Ketrampilan Membaca Melalui Strategi Drapada Siswa Kelas III SDN Kayen 02 Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_COVER.pdf Download (507kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (73kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
||
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_.pdf Download (426kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah bertujuan untuk meningkatkan ketrampilanmembaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesiamelalui strategi DRA (Directed Reading Activity). Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas III dan guru SDN Kayen 02pada tanggal 29 September sampai 7 Oktober 2014. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dan kedua dilakukan masing-masing dua kali pertemuan. Subyeknya Siswa kelas III SDN Kayen 02 yang berjumlah 20 siswa dan obyeknya adalah ketrampilan membaca siswa serta strategi DRA.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Indikator ketrampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:(1) mengenali lambang-lambang (symbol bahasa); (2) mengenali kata dan kalimat; (3) menemukan ide pokok dan kata-kata kunci; (4) menceritakan kembali isi bacaan pendek.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan ketrampilan membaca siswa kelas III SDN Kayen 02 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi DRA. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui ketrampilanmembaca siswa rendah dengan presentase 39,4%. Pada siklus I terdapat ketrampilanmembaca siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase 62,75% pada pertemuan ke I dan 70,12% pada pertemuan ke II, ketrampilan membacasiswa pada siklus II mengalami peningkatan yang baik dengan presentase 80,05% pada pertemuan ke I dan 82,3% pada pertemuan ke II. Hal ini membuktikan adanya peningkatan ketrampilan membaca siswa dengan penerapan strategi pembelajaran DRA.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan, ketrampilanmembaca, strategi DRA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 23 Jan 2015 12:16 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 01:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31705 |
Actions (login required)
View Item |