ZAIN, Tsurayya Syarif (2014) Kecemasan Berbahasa Inggris Pada Mahasiswa Pesma Internasional KH. Mas Mansyur. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (171kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
PDF (daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (821kB) |
Abstract
Pesantren Mahasiswa (PESMA) Internasional KH Mas Mansyur merupakan asrama mahasiswa Universitas Muhamadiyah Surakarta yang menerapkan peraturan untuk mengaplikasikan bahasa Inggris dengan baik baik di asrama maupun di kampus. PESMA Internasional KH Mas Masnyur diharapkan dapat menjadi center of Excellence terutama di bidang peningkatan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional yang sangat penting untuk dikuasi. Namun berdasarkan implementasinya, beberapa pengajar dan staff mengeluhkan kurang berjalanya penerapan bahasa Inggris di lingkungan PESMA. Kecemasan berbahasa Inggris inilah sangat mempengaruhi terhadap minat dan performasi mahasiswa terhadap bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalh untuk mengetahui dan mendeskripsikan kecemasan berbahasa Inggris pada mahasiswa PESMA Internasional KH. Mas Mansyur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan informan penelitian adalah mahasiswa PESMA Internasional KH. Mas Mansyur program Internasional dan Program Reguler. Hasil penelitian ini adalah kecemasan berbahasa Inggris muncul didukung oleh tiga aspek yaitu kecemasan berkomunikasi, kecemasan di kelas, dan rasa takut akan evaluasi negatif. Kecemasan berkomunikasi Kecemasan berkomunikasi muncul karena adanya ketidak percayaan (mental block), culture shock dan keterpaksaan ketika beradaptasi dengan lingkungan berbahasa Inggris.Kecemasan di kelas muncul karena model pembelajaran yang tidak berkesinambungan, materi yang tidak sesuai dengan minat, ruangan pembelajaran bahasa Inggris yang kurang kondusif, pemberian punishment yang kurang menyesuaikan kemampuan, dan kurangnya penyesuaian terhadap kelas baru. Rasa takut dan evaluasi negatif muncul disebabkan oleh beberapa hal yaitu kurangnya percaya diri (mental block) dan mendapatkan respon dan apresiasi negatif ketika berbicara dengan bahasa Inggris.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan Berbahasa Inggris, Pesantren Mahasiswa, Culture Shock, Kecemasan Berkomunikasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 22 Jan 2015 13:41 |
Last Modified: | 23 Jan 2015 11:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31700 |
Actions (login required)
View Item |