Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kota Surakarta Tahun 1991-2012

Efriana, Erna and , Siti Fatimah SE.,M.Si (2014) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kota Surakarta Tahun 1991-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
BAGIAN_AWAL.pdf

Download (799kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf

Download (528kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Surakarta Tahun 1991- 2012”. Tujuannya adalah untuk menganalisis pengaruh produk domestik regional bruto, pengeluaran pemerintah, jumlah penduduk, laju inflasi, dan krisis ekonomi terhadap pendapatan asli daerah di kota Surakarta tahun 1991- 2012. Variabelnya meliputi pendapatan asli daerah sebagai variabel dependen, sedangkan produk domestik regional bruto, pengeluaran pemerintah, jumlah penduduk, laju inflasi, dan krisis ekonomi sebagai variabel independen. Penelitian ini menggunakan data sekunder (time series) yang diperoleh dari badan pusat statistik (BPS) yang diolah dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan metode Ordinary Least Squares (OLS). Guna menguji kevaliditasan model maka dilakukan pengujian yaitu uji spesifikasi model (uji ramsey-reset), uji normalitas ut, uji kepenuhan asumsi klasik (uji multikolinieritas, uji heteroskedasitas, uji autokorelasi), uji validitas pengaruh (uji t), uji F, dan koefisien determinasi R2. Hasil analisis menunjukkan bahwa model linier, dan berdistribusi asumsi klasik diketahui bahwa tidak ditemukan masalah multikolinieritas dan heteroskedasitas. Sedangkan uji autokorelasi berada pada daerah keragu-raguan. Berdasarkan uji validitas pengaruh (uji t) diketahui bahwa hasil ada dua variabel yang secara statistik berpengaruh signifikan terhadap pendapatan asli daerah kota surakarta yaitu variabel produk domestik regional bruto (PDRB) pada á = 1% dan variabel jumlah penduduk pada á = 10%, sedangkan variabel pengeluaran pemerintah, krisis ekonomi dan laju inflasi secara statisik tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pendapatan asli daerah kota surakarta pada á = 10%.Sedangkan uji F menunjukkan bahwa variabel pertumbuhan ekonomi, pengeluaran pemerintah, jumlah penduduk, laju inflasi dan krisis ekonomi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pendapatan asli daerah pada á=1%. Nilai R2 sebesar 0,978077 artinya 97,8% variasi variabel pendapatan asli daerah dapat dijelaskan oleh variabel pengeluaran pemerintah, pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk, kondisi krisis ekonomi dan laju inflasi, sisanya 2,2% dijelaskan oleh variabel-variabel bebas lain diluar model yang diestimasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan asli daerah (PAD), Ordinary Least Square(OLS), asumsi klasik, koefisien determinasi (R2)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Jan 2015 07:49
Last Modified: 19 Oct 2021 05:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31664

Actions (login required)

View Item View Item