Analisis Beberapa Faktor Yang Mempengarui Defisit Neraca Transaksi Berjalan Di Indonesia Melalui Pendekatan Error Correction Model (ECM)

Ukhrowiyah, Nurul and , Dr. Daryono Soebagyo MEc (2014) Analisis Beberapa Faktor Yang Mempengarui Defisit Neraca Transaksi Berjalan Di Indonesia Melalui Pendekatan Error Correction Model (ECM). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Neraca transaksi berjalan merupakan salah satu komponen terpenting yang digunakan untuk menilai neraca perdagangan. Neraca perdagangan merupakan selisih atau perbedaan antara ekspor dan impor. Jika impor lebih tinggi dari ekspor, maka yang terjadi adalah defisit neraca perdagangan. Sebaliknya, jika ekspor lebih tinggi dari impor, yang terjadi adalah surplus. Ekspor yang terlalu rendah juga akan mengakibatkan neraca transaksi berjalan menjadi defisit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengarauh dari pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS (kurs), tingkat suku bunga BI Rate, inflasi, dan pendapatan nasional (GDP) terhadap defisit neraca transaksi berjalan di Indonesia tahun 2006.I sampai 2012.IV. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara faktor-faktor yang mempengaruhi defisit neraca transaksi berjalan di Indonesia. Data yang digunakan adalah data sekunder yang terdiri dari data neraca transaksi berjalan di Indonesia, kurs, BI Rate, inflasi, dan pendapatan nasional (GDP). Sumber data penelitian ini berasal dari data dokumentasi Bank Indonesia (BI) dan Badan Pusat Statistik (BPS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ECM (Error Correction Model). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ECM hanya layak digunakan untuk menganalisis pengaruh jangka pendek variabel bebas yaitu variabel kurs, BI Rate, inflasi, dan pendapatan nasional terhadap variabel terkait yaitu variabel defisit neraca transaksi berjalan. Variabel yang mempunyai pengaruh jangka pendek terhadap variabel defisit neraca transaksi berjalan di Indonesia adalah variabel tingkat suku bunga BI Rate dan pendapatan nasional. Sedangkan variabel nilai tukar rupiah terhadap dollar AS (kurs) tidak menunjukkan adanya pengaruh jangka panjang ataupun jangka pendek terhadap variabel defisit neraca transaksi berjalan di Indonesia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: defisit neraca transaksi berjalan, kurs, BI Rate, inflasi, dan GDP
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Jan 2015 07:42
Last Modified: 19 Oct 2021 05:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31663

Actions (login required)

View Item View Item