Gambar Foto Sebagai Media Penyusunan Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Xi Sekolah Kejuruhan Warga Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Wijaya, Ihsan Sidik and , Dra. Atiqa Sabardila, M. Hum and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum. (2014) Gambar Foto Sebagai Media Penyusunan Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Xi Sekolah Kejuruhan Warga Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dafatr_pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (661kB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah mengenai manfaat gambar sebagai media penyusunan karangan deskripsi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui variasi penyusunan karangan siswa dalam menjawab soal bergambar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah jawaban siswa mengenai soal bergambar yang disajikan. Data dalam penelitian ini adalah berupa hasil karangan siswa dalam mendeskripsikan gambar sebagai media penyusunan karangan deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas XI SMK Warga Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Sumber dalam penelitian ini adalah sumber data tertulis yang berupa teks karangan deskripsi siawa kelas XI SMK Warga Surakarta. Teknik pengumpulan data dalam mengembangkan gambar menjadi karangan digunakan metode padan dengan dasar daya pilih sebagi pembeda eren. Selain itu, digunakan metode agih dengan teknik dasar bagi unsur langsung dan teknik lanjutan berupa teknik lesap, teknik ganti, dan teknik baca markah. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini mengenai gambar sebagai media penyusunan karangan deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas XI SMK Warga Surakarta tahun ajaran 2012/2013 berupa: pertama terdapatnya variasi jawaban siswa dalam membahas gambar. Variasi jawaban siswa dalam membahaskan gambar dikarenakan perbedaan sudut pandang siswa terhadap gambar, perbedaan diksi dalam membahaskan gambar dan daya imajinasi siswa. Kedua deskripsi pola karangan siswa dalam menjawab soal bergambar. Pola karangan siswa berdasarkan jenis karangan deskripsi meliputi deskripsi sugestif dan deskripsi teknis. Karangan deskripsi siswa berdasarkan hubungan dengan tulisan lain meliputi narasi, argumentasi dan ekposisi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sudut pandang, diksi, imajinasi siswa, deskripsi sugesti, deskripsi teknis, narasi, argumentasi dan ekposisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Jan 2015 10:01
Last Modified: 18 Oct 2021 23:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31643

Actions (login required)

View Item View Item