Prasetyo, Kukuh Anjar and , Drs. Achmad Muthali’in, M.Si., (2014) Implementasi Bantuan Pendidikan Masyarakat (Studi Kasus Di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Berdasarkan Perda No. 11-A Tahun 2012 Tentang BPMKS). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._Naskah_Publikasi.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
3._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (183kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._Daftar_Pustaka.pdf Download (100kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan implementasi Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. 2) Untuk mendiskripsikan faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. 3) Untuk mendiskripsikan solusi dalam menghadapi kendala pelaksanaan Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan sumber dara dari informan atau narasumber, peristiwa serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data dan triangulasi teknik atau metode pengumpulan data. Analisinya menggunakan model interaktif yang digunakan untuk memaparkan data yang diperoleh melalui wawancara, obsevasi dan mengkaji dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) SMP Muhammadiyah 10 Surakarta dalam menyalurkan BPMKS tidak mengambil keuntungan, pembagiannya sama rata serta sekolah memudahkan siswanya untuk mendapatkan bantuan tersebut asalkan memenuhi kriteria dan persyaratan, pelaksanaannya dilakukan secara transparan dan membuat laporan pertanggungjawaban terhadap penggunaan dana tersebut, serta telah sesuai pada sasarannya, baik tepat kepada yang seharusnya menerima dan tepat pada pemanfaatnnya. 2) Kendala yang dihadapi adalah a) Pengumpulan berkas-berkas siswa terlambat, b) Pencairan dana BPMKS juga terlambat. 3) Solusi untuk menghadapinya adalah a) Sekolah telah memberi informasi kepada siswa dengan surat pemberitahuan, b) Semua pihak terkait harus bersinergi secara teratur baik sekolah maupun DIKPORA dan DPPKA demi kelancaran bantuan tersebut.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kebijakan publik, bantuan pendidikan, bantuan pendidikan masyarakat kota surakarta (BPMKS). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Jan 2015 07:24 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31623 |
Actions (login required)
View Item |