Kreativitas Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Kemandirian Belajar Pada Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011

SATRIYAWAN, GALIH DEDY and , Drs. DJalal Fuadi, M.M. (2014) Kreativitas Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Kemandirian Belajar Pada Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh motivasi belajar terhadap kreativitas belajar, 2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap kreativitas belajar, 3) Pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap kreativitasi belajar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang kesimpulannnya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi universitas muhammadiyah Surakarta 2011 yang berjumlah 200 dengan sampel 127 mahasiswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Data yang yang diperlukan diperoleh melalui metode angket. Sebelumnya angket telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 17,559 + 0,306X1 + 0,230X2 yang artinya kreativitas belajar dipengaruhi oleh motivasi belajar dan kemandirian belajar. Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2011. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,264 > 1,979 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,001. (2) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2011. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,760 > 1,979 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,007. (3) Motivasi belajar dan Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2011. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 18,446 > 3,069 pada taraf signifikansi 5%. (4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 79% dan sumbangan efektif sebesar 18,2%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 21% dan sumbangan efektif sebesar 4,7%. (5) Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,229, berarti 22,9% kreativitas belajar mahasiswa dipengaruhi oleh motivasi belajar dan kemandirian belajar, sisanya sebesar 77,1% dipengaruhi variabel di luar penelitian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Kreativitas Belajar Mahasiswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 12 Jan 2015 13:27
Last Modified: 13 Oct 2021 13:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31562

Actions (login required)

View Item View Item