Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di SMK Spesialis Otomotif (Studi Situs di SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar)

Pramono, Pramono and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum and , Drs. Ahmad Fathoni M.Pd (2014) Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di SMK Spesialis Otomotif (Studi Situs di SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (448kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (658kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penyelenggaraan program pendidikan sistem ganda di SMK belum menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan dunia kerja. Peserta didik tidak dipersiapkan sesuai ketentuan industri, kurikulum SMK belum sinkron dengan kebutuhan industri, sebagian besar guru produktif SMK tidak memiliki pengalaman kerja di industri, pembelajaran tidak mengikuti perkembangan industri, ditambah lagi tidak terbangun sinergi antara sekolah dan industri secara baik dalam penyelenggaraan pendidikan sistem ganda (PSG). Tujuan penelitian ini ada tiga. 1) Mendeskripsikan karakteristik peserta didik PSG. 2) Mendeskripsikan karakteristik guru PSG. 3) Mendeskripsikan karakteristik pembelajaran PSG. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti mengambil data di SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar. Penelitian ini menggunakan tiga teknik dalam pengumpulan data. 1) Wawancara mendalam. 2) Observasi langsung. 3) Pemanfaatan dokumen. Untuk menganalisa data menggunakan analisis kualitatif mengikuti konsep Miles dan Huberman dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian dalam penyelenggaraan pendidikan sistem ganda di SMK spesialis otomotif studi situs di SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar menunjukkan bahwa : 1) peserta didik memiliki nilai rata-rata Ujian Nasional 5,29, tidak buta warna dan tinggi badan minimal 142 cm, 57, 9 % tanggap dan 99,7 % memiliki kepribadian baik. Latar belakang ekonomi orang tua menengah ke bawah. Peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda-beda yang harus dipahami oleh guru. 2) Guru berlatar belakang S1, memiliki pengalaman mengajar minimal 1 tahun, aktif meningkatkan kompetensinya melalui diklat dan magang industri dan memiliki kinerja yang baik. 3) Pembelajaran PSG menggunakan pola pembelajaran dengan menjadikan sekolah sebagai replika industri.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: peserta didik, guru, pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Jan 2015 07:33
Last Modified: 20 Oct 2021 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31511

Actions (login required)

View Item View Item