Hubungan Antara Dukungan Ayah, Pengetahuan Ibu tentang Anak Autis dan Religiusitas (Dimensi Praktik Agama) dengan Penerimaan Ibu terhadap Anak Autis

Pujiastuti, Umi and , Dr. Nisa Rachmah Nur Anganthi, M.Si (2014) Hubungan Antara Dukungan Ayah, Pengetahuan Ibu tentang Anak Autis dan Religiusitas (Dimensi Praktik Agama) dengan Penerimaan Ibu terhadap Anak Autis. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (111kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara dukungan ayah, pengetahuan ibu tentang anak autis dan religiusitas (dimensi praktek agama) dengan penerimaan ibu terhadap anak autis. Populasi dalam penelitian ini adalah 55 ibu yang memiliki anak autis yang bersekolah di enam SLB Autis di Surakarta, beragama Islam dan Nasrani serta tinggal serumah dengan ayah. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Teknik pengambilan data dengan angket (skala dan tes). Teknik analisa data menggunakan analisis regresi berganda diperoleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,617 dan Fregresi= 10,432; p= (p<0,01). Sumbangan efektif dukungan ayah, pengetahuan ibu tentang anak autis dan religiusitas (dimensi praktik agama) dengan penerimaan ibu terhadap anak autis sebesar 38,0 %. Sumbangan efektif dukungan ayah dengan penerimaan ibu terhadap anak autis sebesar 11,02%. Sumbangan efektif pengetahuan ibu tentang anak autis dengan penerimaan ibu terhadap anak autis sebesar 9,12%. Sumbangan efektif religiusitas (dimensi praktik agama) dengan penerimaan ibu terhadap anak autis sebesar 17,86%. Kesimpulan dari penelitian adalah (1) ada hubungan antara dukungan ayah, pengetahuan ibu tentang anak autis dan religiusitas (dimensi praktik agama) dengan penerimaan ibu teterhadap anak autis; (2) ada hubungan antara dukungan ayah dengan penerimaan ibu teradap anak autis; (3) ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang anak autis dengan penerimaan ibu terhadap anak autis; dan (4) ada hubungan religiusitas (dimensi praktik agama) dengan penerimaan ibu terhadap anak autis. Implikasi penelitian ini dalam bidang klinis adalah ibu dapat menerima anaknya yang autis karena adanya dukungan ayah sebagai orang terdekat dalam hidup ibu serta pengetahuan dan religiusitas yang dimiliki ibu. Pengetahuan yang baik dan religiusitas yang tinggi pada ibu mendukung penerimaan ibu terhadap anak autis.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: penerimaan ibu, dukungan ayah, pengetauan ibu, religiusitas.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 05 Jan 2015 13:13
Last Modified: 19 Oct 2021 12:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31503

Actions (login required)

View Item View Item