Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Hartati, Sri and , Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. and , Dra. Atiqa Sabardila, M. Hum (2014) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (272kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi; (2) implementasi nilai-nilai pendidikan karakter tersebut dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMP. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Objek penitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi. Data dalam penelitian ini berupa satuan kebahasaan (baik berupa kata, frasa, klausa, kalimat, bahkan paragraf) dalam novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter. Metode yang digunakan dalam penjaringan data dalam penelitian ini adalah metode simak. Untuk menyimak objek penelitian dilakukan dengan menyadap. Dalam penelitian ini digunakan teknik sadap yaitu untuk menyadap penggunaan bahasa tulisan. Teknik lain yang digunakan adalah teknik catat. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah padan referensial sedangkan teknik yang digunakan adalah teknik pilah unsur penentu. Hasil penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi antara lain nilai kerja keras, religius, peduli sosial, kreatif, bersahabat/komunikatif, disiplin, cinta tanah air, gemar membaca, menghargai prestasi, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, tanggung jawab, toleransi, cinta damai, demokratis, dan jujur. Nilai-nilai tersebut diimplentasikan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMP pada standar kompetensi: memahami teks drama remaja dan novel remaja, kompetensi dasar: mengidentifikasi unsur intrinsik novel remaja.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, karakter, pendidikan karakter, pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 30 Dec 2014 12:13
Last Modified: 19 Oct 2021 15:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31476

Actions (login required)

View Item View Item