, Amin and , Prof. Dr. HA. Ngalim, M.M, M.Hum. and , Agus Wijayanto, Ph.D (2014) Pengembangan Pembelajaran Ips dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di SMPN 7 Purworejo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (161kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (805kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (31MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini ada tiga. (1). Untuk mendeskripsikan pengembangan sumber belajar IPS dengan pendekatan CTL di SMPN 7 Purworejo. (2). Untuk mendeskripsikan pengembangan materi pembelajaran IPS dengan pendekatan CTL di SMPN 7 Purworejo. (3). Untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran IPS dengan pendekatan CTL di SMPN 7 Purworejo. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dengan desain etnografi. Subjek utama penelitian adalah guru, kepala sekolah dan siswa. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Ada tiga hal yang perlu disajikan sebagai hasil penelitian (1). Pengembangan sumber belajar IPS dengan pendekatan CTL di SMPN 7 Purworejo. Pembelajaran membantu guru mengaitkan isi pelajaran dengan situasi dunia nyata, materi pelajaran disampaikan berdasarkan standar isi, SK/KD, berdasarkan teori dan fakta-fakta, karakteristik sumber belajar (kongkrit, aktual, sistematis, mudah dipahami siswa, mudah didapat di lingkungan sekolah dan masyarakat), jenis sumber belajar berupa buku paket, lembar kerja siswa, gambar, peta, globe, internet, kriteria pemilihan sumber belajar mudah didapat/tersedia di sekolah dan masyarakat, mudah dipelajari siswa, mampu merealisasikan pencapaian tujuan pembelajaran, sesuai dengan SK/KD yang harus dikuasai siswa, guru menggunakan sumber belajar lingkungan masyarakat sekolah dan lingkungan tempat tinggal siswa, LK, mengakses data dari internet. (2). Pengembangan materi pembelajaran IPS dengan pendekatan CTL di SMPN 7 Purworejo meliputi materi dikembangkan dari materi yang sederhana dan mudah menuju materi yang sedang dan sukar, materi yang bersifat terbatas ke materi yang bersifat kompleks, kriteria materi yang diberikan sederhana dan menyeluruh (terpadu), riil, syarat life skill dan aktual, sumber materi pembelajaran berdasar kurikulum, buku paket, lingkungan, dan internet, pengembangan sumber belajar IPS dengan media dan metode. (3). Pengembangan media pembelajaran IPS dengan pendekatan CTL di SMPN 7 Purworejo. Upaya guru dalam mengembangkan media berupa membuat desain media, mengaplikasikan media, mengevaluasi dan merevisi media yang belum baik, pihak sekolah menyelenggarakan kegiatan pelatihan untuk mendukung kegiatan pengembangan media, jenis media yang dikembangkan oleh guru berupa simulasi, diskusi, proyek, peta konsep, guru melakukan analisis kebutuhan, biaya, keefektifan penggunaan dan ketepatan sesuai dengan SK/KD dan materi pembelajaran sebelum melakukan pengembangan media, hambatan pengembangan media (keterbatasan pengetahuan, pengalaman dan penguasaan IT).
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | development, social studies learning, contextual teaching and learning approach. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 Dec 2014 08:59 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31455 |
Actions (login required)
View Item |