Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2013

KURNIAWAN, WILLY and , Drs. H. Sami’an, MM. (2014) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (485kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2013. 2) Pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2013. 3) Pengaruh motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2013. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2013 yang berjumlah 183 mahasiswa dengan sampel sebanyak 119 mahasiswa yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis linier Y=1,632+0,017X1+0,015X2. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 2,114 > 1,981(α = 5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,037; 2) Ada pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 2,132 > 1,981(α = 5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,035; 3) Ada pengaruh motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung> Ftabel yaitu 13,048 > 3,074 dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000; 4) Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 83% dan sumbangan efektif sebesar 15,2%, variabel lingkungan teman sebaya memberikan sumbangan relatif sebesar 17% dan sumbangan efektif sebesar 3,2%. Hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh 0,184 yang berarti 18,4% prestasi belajar dipengaruhi oleh motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya sisanya sebesar 81,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 24 Dec 2014 14:45
Last Modified: 13 Oct 2021 13:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31449

Actions (login required)

View Item View Item