Siswanti, Siswanti and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si and , Drs.Jalal Fuadi.M.M (2013) Pengelolaan Pembelajaran Akuntansi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (405kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (825kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (256kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan pengelolaan materi pembelajaran akuntansi di SMA Muhamammdiyah 2 Surakarta. (2) mendiskripsikan pengelolaan interaksi pembelajaran akuntansi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. (3) mendiskripsikan evaluasi pembelajaran akuntansi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan desain etnografi.penelitian dilakukan si SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek kurikulum, guru, dan siswa.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokmentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode trianggulasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian: (1) pengelolaan materi ajar dalam pembelajaran akuntansi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta, dilaksanakan berdasarkan kalender pendidikan yang telah ditetapkan oleh kepala sekolah. Materi pembelajaran akuntansi berisi kompetensi dasar dan alokasi waktu untuk tiap-tiap semester dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disusun oleh Guru Mata Pelajaran, (2) Interaksi pembelajaran yang dilakukan oleh guru akuntansi meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (3) Evaluasi pembelajaran akuntansi dilakukan oleh guru setelah guru memastikan semua komponen kurikulum yang telah ditetapkan. Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kemajuan belajar siswa berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Evaluasi pembelajaran akuntansi, dilakukan dengan cara lisan, tertulis, penugasan, dan presentasi.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, materi, interaksi, evaluasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 24 Dec 2014 13:21 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 06:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31448 |
Actions (login required)
View Item |