Pengelolaan Pembelajaran Akuntansi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta

Siswanti, Siswanti and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si and , Drs.Jalal Fuadi.M.M (2013) Pengelolaan Pembelajaran Akuntansi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (405kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (825kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (256kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan pengelolaan materi pembelajaran akuntansi di SMA Muhamammdiyah 2 Surakarta. (2) mendiskripsikan pengelolaan interaksi pembelajaran akuntansi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. (3) mendiskripsikan evaluasi pembelajaran akuntansi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan desain etnografi.penelitian dilakukan si SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek kurikulum, guru, dan siswa.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokmentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode trianggulasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian: (1) pengelolaan materi ajar dalam pembelajaran akuntansi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta, dilaksanakan berdasarkan kalender pendidikan yang telah ditetapkan oleh kepala sekolah. Materi pembelajaran akuntansi berisi kompetensi dasar dan alokasi waktu untuk tiap-tiap semester dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disusun oleh Guru Mata Pelajaran, (2) Interaksi pembelajaran yang dilakukan oleh guru akuntansi meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (3) Evaluasi pembelajaran akuntansi dilakukan oleh guru setelah guru memastikan semua komponen kurikulum yang telah ditetapkan. Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kemajuan belajar siswa berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Evaluasi pembelajaran akuntansi, dilakukan dengan cara lisan, tertulis, penugasan, dan presentasi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, materi, interaksi, evaluasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 24 Dec 2014 13:21
Last Modified: 26 Oct 2021 06:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31448

Actions (login required)

View Item View Item