, Wiyono and , Dr. Eko Supriyanto, SH., M.Hum. and , Dr. Tjipto Subadi, M.Si (2014) Pengelolaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Ngadirejan Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (709kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (440kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (302kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomer 12 tahun 2007 tentang standar pengawas sekolah maka pengawas berkewajiban melaksanakan kepengawasan sesuai dengan peraturan-peraturan tersebut, khususnya layanan supervisi sebagai salah satu kompetensinya. Tujuan penelitian ini: (1) Mendiskripsikan pelaksanaan supervisi pengawas sekolah dasar terhadap kegiatan belajar mengajar; dan (2) Mendiskripsikan implikasi pelaksanaan supervisi pengawas sekolah dasar terhadap kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi. Tempat penelitian di SDN Negeri Ngadirejan. Narasumber meliputi Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah dan Guru. Pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Pelaksanaan supervisi pengawas sekolah: a) Proses pelaksanaan supervisi KBM dilakukan dengan tiga tahap, tahap persiapan, pelaksanaan dan penilaian/tindak lanjut; b) Gaya yang digunakan didasarkan atas kerjasama dengan kepala sekolah; c) Problem yang di hadapi adalah status kepangkatan, senioritas dan pertemanan. (2) Implikasi: a) Tingkat kesiapan pihak sekolah; b) Persepsi pihak sekolah sangat positif yakni supervisor memberikan bantuan, bimbingan, arahan dan pengalaman kepada guru menuju profesionalisme dan; c) Keberhasilan (tolak ukur) yang dicapai setelah dilakukan supervisi adalah adanya perkembangan fisik menjadi lebih baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, supervisi, pengawas, sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 24 Dec 2014 12:03 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31439 |
Actions (login required)
View Item |