Pengelolaan Pembelajaran Kewirausahaan di SMKPengudhi Luhur Karangrayung Kabupaten Grobogan

Mawadini, Farah and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si and , Dr. Samino, M.M. (2014) Pengelolaan Pembelajaran Kewirausahaan di SMKPengudhi Luhur Karangrayung Kabupaten Grobogan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (236kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui (1) Perencanaan pembelajaran kewirausahaan di SMK Pengudhi Luhur Karangrayung. (2) Pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan di SMK Pengudhi Luhur Karangrayung. (3) Evaluasi pembelajaran kewirausahaan di SMK Pengudhi Luhur Karangrayung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SMK Pengudhi Luhur Karangrayung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan pembelajaran kewirausahaan di SMK Pengudhi Luhur Karangrayung masih mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pengajar diberi kewenangan dan kekuasaan yang luas untuk mengembangkan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik. (2) Pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan dilaksanakan dalam bentuk teori maupun praktek. Keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran kewirausahaan cukup baik, siswa di arahkan untuk melaksanakan pembelajaran yang aktif, pembelajaran tidak hanya sekedar menghafal materi yang ada, guru membimbing siswa untuk memahami penerapan pembelajaran kewirausahaan dalam kehidupan sehari-hari. Guru mengaitkan antara materi pembelajaran kewirausahaan dengan situasi nyata yang ada di lapangan, guru juga menampilkan gambar-gambar atau video, pengembangan materi kewirausahaan dengan adanya kegiatan praktek untuk melakukan pelatihan kewirausahaan, selain itu materi juga didapat dari internet. (3) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran Kewirausahaan di SMK Pengudhi Luhur Karangrayung dilaksanakan dalam bentuk test tertulis maupun lisan, bentuk soal yang gunakan dalam bentuk soal bentuk essay dan maupun pilihan ganda, berdasarkan hasil ulangan yang dilaksanakan dalam, sekitar 90% lebih hasil belajar siswa telah mencapai KKM

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kejuruan, kewirausahaan, pembelajaran, responsibility
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 17 Dec 2014 13:18
Last Modified: 20 Oct 2021 03:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31365

Actions (login required)

View Item View Item