Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Roemah Macaroni dan Milk ”Roemami” di Surakarta)

Cesiawan, Gift Trin Dwi Widyanti and , Drs. Widoyono, MM. (2014) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Roemah Macaroni dan Milk ”Roemami” di Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (151kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh (reliability (kehandalan), Responsive (daya tanggap), Assurance (jaminan), Tangible (bukti fisik), Empathy (perhatian) terhadap kepuasan pelanggan pada Roemah Macaroni dan Milk “Roemami” di Surakarta, dan untuk mengetahui manakah yang paling dominan pengaruhnya antara (reliability (kehandalan), Responsive (daya tanggap), Assurance (jaminan), Tangible (bukti fisik), Empathy (perhatian) terhadap kepuasan konsumen pada Roemah Macaroni dan Milk “Roemami” di Surakarta. Popula si dalam penelitian ini adalah semua pelanggan Roemah Macaroni dan Milk ”Roemami” di Surakarta dan jumlah sampel dalam penelitian adalah 100 responden pelanggan. Berdasarkan hasil uji t diperoleh variabel reliability mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, variabel responsive mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, variabel assurance mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelangga n, variabel tangible mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, variabel empathy mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan hasil uji F secara bersama-sama variabel reliability, responsive, assurance, empathy, tangible berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil analisis koefisien determinasi (R 2) diperoleh Adjusted R square (R2) sebesar 0,797, berarti variasi perubahan variabel kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel reliability, responsive, assurance, tangible dan empathy sebesar 79,7% . Sedangkan sisanya sebesar 20,3% dijelaskan oleh variabel lain diluar model, dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah empathy, hal ini dikarenakan empathy mempunyai nilai thitung sebesar 3,180 dibanding dengan variabel yang lain yaitu reliability sebesar 2,305, responsive sebesar 2,666, assurance sebesar 3,000, tangible sebesar 2,382. Ini membuktikan bahwa hipotesis yang menyatakan ”diduga Reliability (kehandalan) yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Roemah Macaroni dan Milk ’Roemami’ di Surakarta” tidak terbukti kebenarannya, karena ternyata yang paling dominan adalah empathy.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reliability, Responsive, Assurance, Tangible, Empathy, dan kepuasan pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2014 12:38
Last Modified: 19 Oct 2021 08:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31310

Actions (login required)

View Item View Item