Sholihah, ST. Laila Mar’atus and , Endah Sudarmilah, S.T., M.Eng (2014) Pemanfaatan Kinect untuk Game Edukasi Pelatihan Merawat Diri untuk Anak Sekolah Dasar Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi_laila.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_awal.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (166kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (858kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (214kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Anak berkebutuhan khusus tunagrahita merupakan anak dengan keterbelakangan mental atau memiliki kemampuan intelektual umum dibawah rata-rata. Sehingga agar dapat mandiri, anak tunagrahita perlu bimbingan serta pelatihan untuk berinteraksi serta merawat dirinya sendiri secara berulang-ulang. Peneliti mengambil permasalahan tersebut dengan merancang membuat game edukasi terkait dengan kemandirian yang dibutuhkan anak tunagrahita SDLB-C. Dalam pembuatannya, aplikasi game edukasi pelatihan merawat diri ini akan memanfaatkan teknologi Kinect Xbox 360 dengan engine Unity3D. Game engine Unity3D sendiri mendukung beberapa bahasa pemrograman, seperti java script, CS script, dan BOO script. Game edukasi tersebut akan meminta anak tunagrahita untuk berperan aktif memainkannya dengan menggerakkan tangan. Pemanfaatan Kinect sebagai game edukasi pelatihan merawat diri untuk anak sekolah dasar berkebutuhan khusus tunagrahita ini bertujuan untuk memberi pelatihan kepada anak tunagrahita tentang bagaimana merawat diri, khususnya dalam kebersihan anggota tubuh. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan ini adalah SDLC (System Development Life Cycle). Mulai dari analisis, perancangan, pembuatan sistem, pengujian hingga perawatan sistem. Pengujian dilakukan dengan mendemokan langsung game edukasi merawat diri ini kepada anak tunagrahita kelas 1 SDLB-C YPSLB Surakarta. Hasil dari penelitian ini adalah games edukasi ini cukup untuk membantu anak tunagrahita dalam meningkatkan kemampuan untuk merawat diri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adalah pemanfaatan Kinect dalam games edukasi pelatihan merawat diri ini mampu memberikan materi merawat diri dengan cara yang menarik, akan tetapi dalam memainkannya anak tunagrahita masih perlu bimbingan dari guru atau orang dewasa lainnya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anak tunagrahita, game edukasi, Unity3D, Kinect Xbox 360 |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Dec 2014 09:58 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31302 |
Actions (login required)
View Item |