Pengaruh Obat Kumur Mengandung Ekstrak Anggur (Vitis Vinifera) Berbagai Konsentrasi Dalam Menghambat Pembentukan Plak Gig

Putro, Probo Damoro and , drg. Ana Riolina, MPH and , drg. Nanang Krisnawan (2014) Pengaruh Obat Kumur Mengandung Ekstrak Anggur (Vitis Vinifera) Berbagai Konsentrasi Dalam Menghambat Pembentukan Plak Gig. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (307kB)

Abstract

Latar Belakang : Anggur merupakan salah satu jenis buah yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Buah anggur (Vitis vinifera) mempunyai berbagai macam khasiat, diantaranya bisa mencegah terjadinya karies karena dalam buah anggur (Vitis vinifera) mengandung bahan fitokimia yang banyak terdapat dalam kulit, buah, dan biji anggur, antara lain adalah golongan polifenol sebesar 5-8% berupa resveratrol, tanin, flavonoid, kuersetin, katekin, pektin, tannin dan antosianin. Flavonoid merupakan golongan senyawa kimia dalam buah anggur yang memiliki peranan penting dalam menghambat pembentukan plak gigi. Plak gigi merupakan faktor utama dalam penyakit karies gigi, radang gusi dan penyakit periodontal. Plak gigi mengandung mikroorganisme yang tersusun dari 70% komponen bakteri dan 30% terdiri dari komponen anorganik. Tujuan : Mengetahui pengaruh obat kumur mengandung ekstrak anggur (Vitis vinifera) berbagai konsentrasi dalam menghambat pembentukan plak gigi. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian ekperimental kuasi dengan rancangan Randomized Controlled Trial dengan desain Post test with Control Group desain. Sampel pada penelitian ini adalah semua penghuni Panti Asuhan Aisyiyah Karanganyar yang memenuhi kriteria inklusi. Subyek penelitian dibagi menjadi 3 kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 13 orang : kelompok I berkumur dengan aquades steril, kelompok II berkumur dengan ekstrak buah anggur 50%, kelompok III berkumur dengan ekstrak buah anggur 75% sebanyak 20 ml selama 60 detik, dua kali sehari selama 3 hari. Subyek tidak diperbolehkan untuk menggosok gigi selama jangka waktu penelitian. Dilakukan pengukuran indeks plak satu setengah jam setelah berkumur pada malam hari pertama, kedua dan ketiga dengan menggunakan metode PHP-M. Hasil : Obat kumur yang mengandung ekstrak anggur dengan konsentrasi 50% dan 75% yang digunakan dalam penelitian ini mempengaruhi daya hambat pembentukan plak gigi lebih efektif jika dibandingkan dengan berkumur air. Hasil uji Two-Way ANOVA didapatkan nilai sig 0,000 (sig<0,05) dan dapat disimpulkan bahwa obat kumur mengandung ekstrak anggur (Vitis vinifera) berbagai konsentrasi berpengaruh dalam menghambat pembentukan plak gigi. Kesimpulan : Pemberian larutan ekstrak anggur (Vitis vinifera) dapat menghambat pembentukan plak gigi. Obat kumur mengandung ekstrak anggur (Vitis vinifera) konsentrasi 75% yang paling berpengaruh menghambat pembentukan plak gigi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anggur (Vitis vinifera) , obat kumur, plak gigi
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Dec 2014 11:51
Last Modified: 20 Oct 2021 06:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31247

Actions (login required)

View Item View Item