Hubungan Pola Makan Dengan Status Glukosa Darah Puasa Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Rawat Jalan Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta

Ardyana, Della and , Siti Zulaekah, A., M.Si and , Sri Maryani, S.Gz (2014) Hubungan Pola Makan Dengan Status Glukosa Darah Puasa Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Rawat Jalan Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (615kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (483kB)

Abstract

adalah perencanaan diet. Perencanaan diet diabetes meliputi pola makan 3J (jumlah makanan, jenis makanan dan jadwal makan) dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dalam batas normal. TUJUAN : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola makan dengan status glukosa darah puasa pasien DM tipe 2 rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. METODE : Penelitian ini termasuk penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Data yang dikumpulkan meliputi pola makan dan status glukosa darah puasa. Pola makan diukur dengan menggunakan form recall konsumsi makan dan form record konsumsi makan selama 4 hari. Kadar glukosa darah puasa diambil dari rekam medis pemeriksaan terakhir pasien. Uji hubungan pola makan dengan status glukosa darah puasa pasien DM tipe 2 menggunakan uji Rank Spearman. HASIL : Hasil penelitian menunjukkan status glukosa darah puasa pasien sebagian besar tidak terkendali (64,9%), ketepatan jumlah makanan sebagian besar baik (59,5%), ketepatan jenis makanan baik (51,4%), ketepatan jadwal makan sebagian besar baik (56,8%) dan pola makan subjek sebagian besar kurang baik (54,0%). Uji hubungan pola makan dengan status glukosa darah puasa pasien DM tipe 2 rawat jalan dengan uji Rank Spearman menunjukkan nilai p=0,133 (>0,05). KESIMPULAN : Tidak ada hubungan pola makan dengan status glukosa darah puasa pasien DM tipe 2 rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Surakarta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pola makan (3J), status glukosa darah puasa
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 08 Dec 2014 12:19
Last Modified: 15 Sep 2022 07:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31216

Actions (login required)

View Item View Item