Stevansa, Priyo Andrianto and , Ir. Subroto, MT and , Ir. Sartono Putro, MT (2014) Pengaruh Penggunaan Camshaft Standard dan Camshaft Racing Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin Empat Langkah. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
2.Naskah_Publikasi.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (halaman Depan)
3.Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
4.BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
5.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
PDF (Bab III)
6.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
||
PDF (Bab IV)
7.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab V)
8.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9.Daftar_Pustaka.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
Abstract
Salah satu cara untuk mendapatkan efisiensi volumetris yang maksimal sehingga dapat menghasilkan tenaga seoptimal mungkin adalah dengan melakukan modifikasi pada camshaft. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pengaruh penggunaan camshaft standard dengan camshaft racing terhadap unjuk kerja motor bensin empat langkah. Dalam pengujian ini menggunakan objek sepeda motor Honda Tiger. Pengujian unjuk kerja sepeda motor dilakukan dengan menggunakan dynotest seri V3.3 Rextor Pro Dyno jenis Inertia dynamometer. Pengujian dilakukan secara bergantian untuk masingmasing variasi camshaft guna memperoleh perbandingan torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar spesifik pada tingkat putaran mesin 5500 rpm – 8000 rpm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan camshaft racing menghasilkan unjuk kerja yang lebih baik, yaitu daya dan torsi yang lebih besar serta lebih irit dalam mengkonsumsi bahan bakar, daripada camshaft standard. Pada camshaft racing menghasilkan daya maksimal sebesar 14,77 kW dan torsi maksimal sebesar 19,05 Nm pada putaran 7500 rpm dengan konsumsi bahan bakar spesifik 0,0830534 kg/kWh, sedangkan pada camshaft standard hanya mampu menghasilkan daya maksimal sebesar 14,11 kW pada putaran 8000 rpm dengan konsumsi bahan bakar spesifik 0,126552 kg/kWh dan torsi maksimal sebesar 18,72 Nm pada putaran 6500 rpm dengan konsumsi bahan bakar spesifik 0,090752 kg/kWh.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | standard, racing, camshaft, unjuk kerja, motor bensin |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Dec 2014 07:59 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 23:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31208 |
Actions (login required)
View Item |