Pengaruh Penggunaan Camshaft Standard dan Camshaft Racing Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin Empat Langkah

Stevansa, Priyo Andrianto and , Ir. Subroto, MT and , Ir. Sartono Putro, MT (2014) Pengaruh Penggunaan Camshaft Standard dan Camshaft Racing Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin Empat Langkah. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2.Naskah_Publikasi.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (halaman Depan)
3.Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4.BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
5.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Bab III)
6.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img] PDF (Bab IV)
7.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab V)
8.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9.Daftar_Pustaka.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Salah satu cara untuk mendapatkan efisiensi volumetris yang maksimal sehingga dapat menghasilkan tenaga seoptimal mungkin adalah dengan melakukan modifikasi pada camshaft. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pengaruh penggunaan camshaft standard dengan camshaft racing terhadap unjuk kerja motor bensin empat langkah. Dalam pengujian ini menggunakan objek sepeda motor Honda Tiger. Pengujian unjuk kerja sepeda motor dilakukan dengan menggunakan dynotest seri V3.3 Rextor Pro Dyno jenis Inertia dynamometer. Pengujian dilakukan secara bergantian untuk masingmasing variasi camshaft guna memperoleh perbandingan torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar spesifik pada tingkat putaran mesin 5500 rpm – 8000 rpm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan camshaft racing menghasilkan unjuk kerja yang lebih baik, yaitu daya dan torsi yang lebih besar serta lebih irit dalam mengkonsumsi bahan bakar, daripada camshaft standard. Pada camshaft racing menghasilkan daya maksimal sebesar 14,77 kW dan torsi maksimal sebesar 19,05 Nm pada putaran 7500 rpm dengan konsumsi bahan bakar spesifik 0,0830534 kg/kWh, sedangkan pada camshaft standard hanya mampu menghasilkan daya maksimal sebesar 14,11 kW pada putaran 8000 rpm dengan konsumsi bahan bakar spesifik 0,126552 kg/kWh dan torsi maksimal sebesar 18,72 Nm pada putaran 6500 rpm dengan konsumsi bahan bakar spesifik 0,090752 kg/kWh.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: standard, racing, camshaft, unjuk kerja, motor bensin
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Dec 2014 07:59
Last Modified: 14 Oct 2021 23:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31208

Actions (login required)

View Item View Item