Perbaikan Kondisi Kerja Berdasarkan Pendekatan Hazard Identification And Risk Assesment (HIRA) Untuk Mengurangi Kecelakaan Kerja Karyawan Di Unit Penggilingan Pt Madu Baru Yogyakarta

Muktiono, Noer Seto and , Moch. Djunaidi, ST, MT and , Indah Pratiwi, ST., MT (2014) Perbaikan Kondisi Kerja Berdasarkan Pendekatan Hazard Identification And Risk Assesment (HIRA) Untuk Mengurangi Kecelakaan Kerja Karyawan Di Unit Penggilingan Pt Madu Baru Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (361kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (316kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)

Abstract

PT Madu Baru dalam proses produksinya menggunakan bahan yang kompleks serta peralatan dengan tingkat teknologi terbilang masih lama. Proses produksi yang menggunakan teknologi lama akan berlangsung dengan lambat karena faktor tenaga kerja manusia masih sangat dominan, tetapi disisi lain penggunaan teknologi lama dapat menimbulkan kemungkinan bahaya yang lebih besar adanya kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja. Oleh karenanya PT Madu Baru menganggap perlindungan terhadap tenaga kerja sangat diperlukan agar perusahaan tidak kehilangan tenaga kerja yang berakibat menghambat proses produksi yang akan merugikan perusahaan akibat kecelakaan ditempat kerja. Oleh sebab itu perlu dilakukan analisis untuk mengurangi potensi bahaya yang ada di PT Madu Baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kecelakaan kerja dan upaya untuk memperbaiki kondisi kerja yang ada di PT Madu Baru. Penelitian ini menggunakan metode HIRA untuk menganalisa potensi bahaya yang ada di PT Madu Baru, setelah analisa HIRA yang dilakukan ternyata faktor penyebab kecelakaan kerja yang ada di PT Madu Baru adalah kelalaian karyawan menggunakan Alat Pelindung Diri dan kondisi kerja yang kurang kondusif misalnya ruang penggilingan panas suhu diruangan mencapai 350, kebisingan yang diatas normal mencapai 85db dan ruangan terlalu gelap, potensi bahaya yang terbesar pada aktifitas pengoperasian mesin giling. Upaya untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja diantaranya melakukan rekayasa enginering misalnya penambahan sirkulasi udara untuk mengurangi kenaikan suhu melakukan training yang sesuai dengan SOP yang diterapkan oleh manajemen PT Madu Baru, dan memakai Alat Pelindung diri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Potensi Bahaya, HIRA, APD,SOP, Kecelakaan Kerja
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Dec 2014 07:25
Last Modified: 18 Oct 2021 01:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31205

Actions (login required)

View Item View Item