ERMAWAN, NABHAN (2014) Faktor-faktor penghambat kesejahteraan siswa smp muhammadiyah di surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (392kB) |
|
|
PDF (Bab I )
04_BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II )
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
PDF (Bab III )
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
PDF (Bab IV )
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab V )
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF ( Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (288kB) |
Abstract
Abstraksi. Kesejahteraan siswa merupakan sebuah hal yang harus dirasakan oleh siswa agar siswa dapat belajar, berprestasi dan memenuhi hak seorang siswa untuk dapat beraktualisasi diri dengan baik, namun untuk mencapai kesejahteraan siswa dalam kenyataannya masih terdapat faktor-faktor penghambat yang membuat siswa SMP Muhammadiyah di Surakarta belum dapat merasakan kesejahteraan. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan 90 subjek penelitian, peneliti memperoleh data penelitian dengan menggunakan kuisioner terbuka yang diberikan kepada 90 siswa yang berasal dari SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, SMP Muhammadiyah 5 Surakarta, dan SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Kemudian peneliti menggunakan metode wawancara yang dilakukan kepada 6 siswa untuk memperdalam data penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengertian kesejahteraan menurut siswa adalah saat siswa bahagia, nyaman saat berada di lingkungan sekolah maupun lingkungan kelas, rukun dengan teman, dan memiliki hubungan yang harmonis dengan keluarga. Faktor penghambat kesejahteraan siswa SMP Muhammadiyah di Surakarta adalah dikarenakan kesehatan fisik yang bermasalah, belum maksimalnya siswa untuk belajar, belum berprestasinya siswa, belum tercukupinya kebutuhan materil siswa, dan perilaku maupun pribadi siswa yang masih merugikan diri sendiri dan orang lain seperti perilaku malas, sombong, pemalu dan nakal, yang termasuk kedalam faktor internal penyebab tidak sejahteranya siswa, adapun faktor dari luar diri siswa atau faktor eksternal yang menyebabkan siswa menjadi tidak sejahtera berdasarkan analisis kuisioner terbuka dan wawancara adalah lingkungan siswa yang tidak menyenangkan untuk siswa baik lingkungan sekolah, keluarga, maupun lingkungan bergaul siswa, kemudian siswa masih mendapatkan perlakuan yang kurang menyenangkan baik dari teman, orang tua maupun guru, siswa tidak dapat beraktualisasi dengan baik karena adanya pengaruh dari lingkungannya, seperti larangan dari orang tua, guru, ataupun dari teman siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesejahteraan siswa, Faktor penghambat kesejahteraan siswa. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 04 Dec 2014 13:39 |
Last Modified: | 04 Dec 2014 13:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31180 |
Actions (login required)
View Item |