Hubungan Antara Kepatuhan Penggunaan Obat Dan Keberhasilan Terapi Pada Pasien Diabetes Mellitus Instalasi Rawat Jalan Di Rsud Dr. Moewardi Surakarta

Hapsari, Puspita Nur and , Dra.Nurul Mutmainah, M.Si., Apt (2014) Hubungan Antara Kepatuhan Penggunaan Obat Dan Keberhasilan Terapi Pada Pasien Diabetes Mellitus Instalasi Rawat Jalan Di Rsud Dr. Moewardi Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (288kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
COVER-HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (307kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)

Abstract

Diabetes mellitus merupakan penyakit kronis yang tidak dapat disembuhkan, sehingga terapi diberikan secara terus menerus dengan tepat. Salah satu penentu keberhasilan terapi adalah adanya kepatuhan penggunaan obat.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepatuhan penggunaan obat terhadap keberhasilan terapi pada pasien diabetes mellitus di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian non eksperimental dengan rancangan analisis cross sectional dan pengambilan data menggunakan metode prospektif. Penelitian ini dilakukan pada 92 pasien diabetes mellitus tipe 2 rawat jalan di RSUD Dr. Moewardi yang melakukan kontrol dan mendapatkan antidiabetik oral pada bulan Maret tahun 2014 dimana sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Hubungan skor kepatuhan dengan penurunan kadar gula darah puasa dianalisis menggunakan corelation point biserial. Ditemukan bahwa penyakit diabetes mellitus lebih banyak diderita oleh perempuan dengan usia 55-64 tahun (51,09%). Terapi diabetes mellitus yang banyak diberikan adalah dalam bentuk kombinasi 2 jenis obat yaitu sulfonilurea dan biguanid (35,85%). Tingkat kepatuhan pasien berada pada tingkat tinggi (88%) dan pada tingkat sedang (12%). Dari analisis corelation point biserial ditemukan korelasi antara skor kepatuhan dengan penurunan kadar gula darah puasa dalam kategori sangat rendah yakni tingkat kepatuhan mempengaruhi keberhasilan terapi sebesar 0,4%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diabetes mellitus, kepatuhan, keberhasilan terapi
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 03 Dec 2014 12:37
Last Modified: 16 Oct 2021 06:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31148

Actions (login required)

View Item View Item