Kajian Penggunaan Obat Golongan Kortikosteroid Pada Pasien Asma Dewasa Di Instalasi Rawat Inap RSUD Pandanarang Boyolali Periode 2013

Jumiati, Jumiati and , Dr.dr.EM.Sutrisna,M.Kes (2014) Kajian Penggunaan Obat Golongan Kortikosteroid Pada Pasien Asma Dewasa Di Instalasi Rawat Inap RSUD Pandanarang Boyolali Periode 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (189kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
COVER-HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (129kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)

Abstract

Asma merupakan salah satu penyakit inflamasi kronik yang menduduki urutan kelima dari sepuluh penyebab kesakitan (morbiditas) setelah penyakit emfisema, dimana asma dapat menyebabkan kematian. Kortikosteroid merupakan obat efektif untuk penatalaksanaan asma. Namun penggunaan obat kortikosteroid dalam jangka waktu lama dapat menurunkan mineral tulang yang menyebabkan osteoporosis pada wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan obat golongan kortikosteroid asma dewasa di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang Boyolali tahun 2013 yang meliputi ketepatan pasien dan ketepatan obat. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan rancangan deskriptif yang bersifat retrospektif dari rekam medik pasien asma dewasa yang menjalani rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Pandanarang Boyolali tahun 2013. Populasi asma dewasa sebanyak 94 pasien. Data dianalisis secara deskriptif mengkaji karakteristik yaitu jenis kelamin, umur dan mengevaluasi penggunaan kortikosteroid meliputi ketepatan pasien dan ketepatan obat. Hasil penelitian menunjukkan metil prednisolon adalah obat yang banyak digunakan pasien asma dewasa rawat inap. Pemberian terapi kortikosteroid tepat pasien 88 pasien (93,62%) dan tidak tepat pasien 6 pasien (6,38%), sedangkan pasien tepat obat sebanyak 57 pasien (60,63%) dan tidak tepat obat sebanyak 37 pasien (39,36%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Asma, Dewasa, Kortikosteroid, Rumah Sakit Umum Daerah
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 03 Dec 2014 12:04
Last Modified: 16 Oct 2021 06:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31143

Actions (login required)

View Item View Item