Kritik Sosial Dalam Novel Surga Retak Karya Syahmedi Dean : Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Indonesia Di SMA

Praptiwi, Rosita and , Dra. Main Sufanti, M.Hum. (2014) Kritik Sosial Dalam Novel Surga Retak Karya Syahmedi Dean : Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Indonesia Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (529kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (813kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mamaparkan latar belakang sosial budaya novel Surga Retak karya Syahmedi Dean, (2) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Surga Retak, (3) mengungkapkan kritik sosial yang terkandung dalam novel Surga Retak, dan (4) memaparkan relevansi kririk sosial dalam novel Surga Retak (SR) karya Syahmedi Dean sebagai bahan ajar sastra Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan objek penelitian adalah kritik sosial dalam novel SR. Data dalam penelitian ini adalah paragraf-paragraf yang menggambarkan kritik sosial dalam novel SR. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, simak dan catat. Teknik validitas data yaitu teknik trianggulasi teori. Teknik analisis data yaitu analisis data secara dialektika. Hasil penelitian dipaparkan sebagai berikut: (1) Latar belakang sosial budaya pengarang mempengaruhi terciptanya novel SR. Hal ini dibuktikan dengan pengalaman hidup, riwayat hidup, dan pandangan Syahmedi Dean terhadap Indonesia yang ia tuangkan dalam novel SR. (2) Analisis struktural novel SR diperoleh tema dalam novel adalah kemiskinan. Alur dalam novel SR adalah maju (progresif). Latar waktu dalam novel ini pada kisaran waktu 1988-1998. (3) Analisis kritik sosial dalam novel SR dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra ditemukan adanya (a) kritik terhadap kemiskinan, (b) kritik terhadap kekuasaan untuk menguasai suatu wilayah, (c) kritik terhadap korupsi, (3) kritik terhadap ketidakadilan sosial antara pria dan wanita, (d) kritik terhadap kemanusiaan, (e) kritik terhadap perdagangan manusia, dan (f) kritik terhadap deskriminasi ras. (4) Relevansi dalam pembelajaran sastra dapat direlevansikan ke dalam kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013, serta bahan ajar berupa sinopsis, bahan ajar berupa novel Surga Retak, bahan ajar berupa analisis struktural, dan bahan ajar berupa analisis kritik sosial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kritik sosial, Surga Retak, sosiologi sastra, bahan ajar sastra Indonesia di SMA
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Nov 2014 07:05
Last Modified: 20 Oct 2021 02:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31043

Actions (login required)

View Item View Item