Tindak Kesantunan Komisif Pada Iklan Kendaraan Bermotor Di Wilayah Surakarta

Yuniati, Yuyun and , Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M. Hum. (2014) Tindak Kesantunan Komisif Pada Iklan Kendaraan Bermotor Di Wilayah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (568kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (821kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki 3 tujuan. 1) Mendeskripsikan bentuk tindak kesantunan komisif pada iklan kendaraan bermotor di wilayah Surakarta. 2) Mendeskripsikan skala kesantunan bahasa pada iklan kendaraan bermotor di wilayah Surakarta. 3) Mendeskripsikan strategi tindak kesantunan komisif pada iklan kendaraan bermotor di wilayah Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari iklan-iklan kendaraan bermotor di jalan-jalan wilayah Surakarta. Data penelitian ini berupa tuturan pada iklan kendaraan bermotor yang mengandung tindak kesantunan komisif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak, catat, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai adalah metode agih dengan teknik baca markah dan metode padan pragmatis, alat penentunya yaitu mitra tutur. Hasil penelitian ini yaitu 1) Bentuk tindak kesantunan komisif pada iklan kendaraan bermotor di wilayah Surakarta meliputi tindak kesantunan komisif menawarkan sebanyak 10 data dan tindak kesantunan menjanjikan sebanyak 10 data. Tindak kesantunan menawarkan dikelompokkan menjadi tiga yaitu tindak kesantunan komisif menawarkan sepeda motor sebanyak 8 data, tindak kesantunan komisif menawarkan mobil sebanyak 1 data, dan tindak kesantunan komisif menawarkan truk sebanyak 1 data, sedangkan tindak kesantunan komisif menjanjikan dikelompokkan menjadi tiga yaitu tindak kesantunan menjanjikan sepeda motor sebanyak 5 data, tindak kesantunan menjanjikan mobil sebanyak 3 data, dan tindak kesantunan truk sebanyak 2 data. 2) Skala kesantunan bahasa pada iklan kendaraan bermotor meliputi skala untungrugi sebanyak 8 data, skala kemanasukaan sebanyak 9 data, dan skala ketaklangsungan sebanyak 3 data. 3) Strategi dalam penelitian ini ditemukan tindak kesantunan komisif langsung menawarkan sepeda motor sebanyak 8 data dengan modus ajakan, tindak kesantunan komisif langsung xiii menawarkan mobil sebanyak 1 data dengan modus ajakan, dan tindak kesantunan komisif menawarkan langsung truk sebanyak 1 data dengan modus ajakan, sedangkan tindak kesantunan komisif tidak langsung menjanjikan sepeda motor sebanyak 5 data dengan modus ajakan, tindak kesantunan komisif tidak langsung menjanjikan mobil sebanyak 3 data dengan modus ajakan, dan tindak kesantunan komisif tidak langsung menjanjikan sebanyak 2 data dengan modus ajakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pragmatik, bentuk tindak kesantunan komisif, skala kesantunan, dan strategi tindak kesantunan komisif
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Nov 2014 06:55
Last Modified: 20 Oct 2021 02:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31025

Actions (login required)

View Item View Item