Prestasi Belajar Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Menengah 1 Ditinjau Dari Persepsi Mahasiswa Tentang Ketrampilan Mengajar Dosen Dan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan Tahun 2012 Universitas Muhammadiyah Surakarta

Adhi, Guntur Prasetyo and , Dra. Titik Asmawati, SE, M.Si. (2014) Prestasi Belajar Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Menengah 1 Ditinjau Dari Persepsi Mahasiswa Tentang Ketrampilan Mengajar Dosen Dan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan Tahun 2012 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publkasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi mahasiswa tentang ketrampilan mengajar dosen terhadap prestasi belajar AKM 1, 2) pengaruh motivasi belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar AKM 1, 3) pengaruh persepsi mahasiswa tentang ketrampilan mengajar dosen dan pengaruh motivasi belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar AKM 1. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kuantitatif yang kesimpulannnya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2012 yang sedang menempuh mata kuliah AKM 1 yang berjumlah 139 orang dengan sampel 100 orang yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Data yang diperlukan, diperoleh melalui metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya angket telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 10,993 + 0,321 X1 + 0,360 X2, artinya prestasi belajar AKM 1 dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa tentang ketrampilan mengajar dosen dan motivasi belajar.mahasiswa Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) perspsi mahasiswa tentang ketrampilan mengajar dosen berpengaruh terhadap prestasi belajar AKM 1. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel persepsi mahasiswa tentang ketrampilan mengajar dosen sebesar 2,484, sehingga thitung>ttabel atau 2,484 >1,985 dengan nilai signifikansi 0,015 < 0,05. (2) motivasi belajar mahasiswa berpengaruh terhadap prestasi belajar AKM 1. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel motivasi belajar mahasiswa sebesar 2,742, sehingga thitung>ttabel atau 2,742 >1,985 dengan nilai signifikansi 0,007 < 0,05. (3) persepsi mahasiswa tentang ketrampilan mengajar dosen dan motivasi belajar mahasiswa secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar AKM 1 pada mahasiwa angkatan tahun 2012. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 7,064 sehinggaFhitung> Ftabel atau 7,064 > 3,090 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,127, dengan persepsi mahasiswa tentang ketrampilan mengajar dosen sebesar 5,7% dan motivasi belajar mahasiswa sebesar 7,0%,berarti 12,7% prestasi belajar dipengaruhi oleh variabel persepsi mahasiswa tentang ketrampilan mengajar dosen dan motivasi belajar mahasiswa, sisanya sebesar 87,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar AKM 1, Persepsi Mahasiswatentang Ketrampilan Mengajar Dosen, Motivasi Belajar Mahasiswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2014 09:46
Last Modified: 13 Oct 2021 13:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31002

Actions (login required)

View Item View Item