Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap Dan Kebiasaan Makan Pagi Dengan Status Gizi Anak Di SDN Banyuanyar III Kota Surakarta

Ambarwati, Munik and , Muwakhidah, SKM, M.Kes and , Rully Sudaryanto, SST (2014) Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap Dan Kebiasaan Makan Pagi Dengan Status Gizi Anak Di SDN Banyuanyar III Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (475kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (530kB)

Abstract

Pendahuluan : Pengetahuan gizi adalah kemampuan untuk menjawab pertanyaan mengenai sumber zat gizi, manfaat untuk tubuh serta kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan pemahaman seseorang mengenai interaksi zat gizi terhadap status gizi dan kesehatan. Pengetahuan gizi merupakan landasan penting untuk terjadi perubahan sikap, sehingga diharapkan dapat mengubah kebiasaan makan pagi yang semula kurang baik menjadi lebih baik. Melewatkan makan pagi akan membuat tubuh anak kekurangan glukosa sehingga tubuh akan membongkar persediaan tenaga yang ada dijaringan lemak tubuh sehingga apabila terjadi secara terus-menerus akan berpengaruh terhadap status gizi. Tujuan : Menganalisis hubungan antara pengetahuan, sikap dan kebiasaan makan pagi dengan status gizi pada anak sekolah di SDN Banyuanyar III Surakarta. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini merupakan penelitian Observasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel yang diambil adalah siswa kelas III, IV, V sebanyak 90 orang dengan teknik purposive random sampling. Penentuan status gizi menggunakan pengukuran antropometri yang meliputi pengukuran berat badan dan tinggi badan, pengetahuan dan sikap dengan menggunakan kuesioner dan kebiasaan sarapan pagi dengan wawancara recall kebiasaan sarapan selama 7 hari. Hasil dianalisis dengan uji statistik korelasi Rank Spearman. Hasil :Sebagian besar siswa memiliki status gizi normal sebanyak (67,8%), pengetahuan gizi baik sebanyak (62,2%), Sikap gizi yang baik sebanyak (60,0%), dan kebiasaan makan pagi siswa sebanyak (52,2%) biasa makan pagi. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara pengetahuan gizi dengan status gizi (p= 0,024), tidak terdapat hubungan antara sikap gizi dengan status gizi (p= 0,83), terdapat hubungan antara kebiasaan makan pagi dengan status gizi (p= 0,002).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Kebiasaan Makan Pagi, Status Gizi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Nov 2014 12:32
Last Modified: 07 Sep 2022 01:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30972

Actions (login required)

View Item View Item