Penatalaksanaan Terapi Latihan Pada Kasus Post Operasi Sectio Caesarea Karena Plasenta Previa Di RSUD DR. Moewardi Surakarta

Savitri, Efi and , Umi Budi Rahayu, S.Fis.,Ftr.,M.Kes (2014) Penatalaksanaan Terapi Latihan Pada Kasus Post Operasi Sectio Caesarea Karena Plasenta Previa Di RSUD DR. Moewardi Surakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_HALAMAN_DEPAN_evi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_I_eviii.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II_eviii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_III_eviii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV_eviii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V_eviii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA_evii.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (800kB)

Abstract

Latar belakang: karya tulis ilmiah penatalaksanaan terapi latihan pada kasus post operasi sectio caesarea karena plasenta previa ini dimaksud untuk memberikan informasi, pengetahuan, dan pemahaman tentang permasalahan yang timbul pada post operasi sectio caesarea dan pemberian terapi latihan dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Tujuan: karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui proses penatalaksanaan terapi latihan pada kasus post operasi sectio caesarea karena plasenta previa, menambah pengetahuan, dan penyebarluasan peran fisioterapi. Serta mengetahui bagaimana terapi latihan dapat mengurangi nyeri di sekitar luka incisi, meningkatkan kekuatan otot abdomen, dan meningkatkan kemampuan aktivitas fungsional. Metode: Studi kasus dilakukan dengan pemberian modalitas terapi latihan dilakukan selama 6 kali terapi. Hasil: Setelah dilakukan 6 kali terapi diperoleh hasil penurunan nyeri diam T1:4 menjadi T0: 0, nyeri tekan T1: 6 menjadi T6: 3, nyeri gerak T1: 7 menjadi T6: 3,2, peningkatan kekuatan otot abdomen T1: 2 menjadi T6: 4,dan peningkatan aktivitas fungsional T1: E menjadi T6: A. Kesimpulan dan saran: Dapat disimpulkan terdapat penurunan nyeri di sekitar luka incisi, peningkatan kekuatan otot abdomen, dan peningkatan aktivitas fungsional. Saran selanjutnya pada karya tulis ilmiah ini perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui modalitas fisioterapi lain selain modalitas yang telah diterapkan di atas yang bisa berpengaruh pada kasus post operasi sectio caesarea karena plasenta previa.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Post operasi sectio caesarea, plasenta previa, terapi latihan.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Nov 2014 09:08
Last Modified: 19 Oct 2021 14:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30938

Actions (login required)

View Item View Item