Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Osteoarthritis Knee Sinistra Di Rst Rr. Soedjono Magelang

Sidiq, Fajar Mochammad and , Sugiono, SSt., FT. (2014) Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Osteoarthritis Knee Sinistra Di Rst Rr. Soedjono Magelang. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (258kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (137kB)

Abstract

persendian, penyakit ini mempunyai karateristik berupa terjadinya kerusakanpada kartilago (tulang rawan sendi). Osteoarthritis merupakan penyakit sendi menahun yang ditandai adanya kemunduran tulang rawan sendi dan tulang didekatnya, disertai pembentukan tulang baru dan jaringan lunak didalam dan sekitar sendi yang bersangkutan. Tanda dan gejala yang timbul adalah timbulnya rasa nyeri, keterbatasan lingkup gerak sendi, adanya rasa kaku pada pagi hari, ada krepitasi, terjadi deformitas dan perubahan pola jalan. Modalitas fisioterapi yang bisa menggunakan Infra Red (IR), Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation (TENS), dan Terapi Latihan. Metode : Dalam penanganan pada kasus tersebut menggunakan modalitas Infra Red (IR), Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation (TENS), dan Terapi Latihan yang telah di evaluasi dengan menggunakan metode pengukuran nyeri (VDS), pengukuran kekuatan otot (MMT), dan pengukuran Lingkup Gerak Sendi (Goneometer). Tujuan : Untuk mengetahui manfaat pemberian terapi dengan modalitas Infra Red, Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation (TENS), dan Terapi Latihan dalam mengurangi nyeri, peningkatan Lingkup Gerak Sendi, peningkatan kekuatan otot. Hasil : Setelah dilakukan interverensi 6 kali terapi didapatkan didapatkan hasil penurunan nyeri, peningkatan kekuatan otot, peningkatan lingkup gerak sendi, serta peningkatan kemampuan fungsional pasien. Kesimpulan : Infra Red, Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation (TENS), dan Terapi Latihan dapat mengurangi nyeri dan odema, pada kasus tersebut Terapi Latihan dapat meningkatkan kekuatan otot dan kemampuan fungsional pasien.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Osteoarthritis genu sinistra, Infra Red, Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation (TENS), Terapi Latihan.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 18 Nov 2014 13:31
Last Modified: 19 Oct 2021 14:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30924

Actions (login required)

View Item View Item