Hubungan Pendidikan Kesehatan Latihan Postoperatif Sebelum Dan Sesudah Operasi Terhadap Kecemasan Pasien Di RSUD Dr. Moewardi Surakarta

Prabawati, Chlara Yunita and , Siti Arifah, S.Kp., M.Kes and , Dian Hudiyawati S.Kep., Ns (2014) Hubungan Pendidikan Kesehatan Latihan Postoperatif Sebelum Dan Sesudah Operasi Terhadap Kecemasan Pasien Di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (689kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (211kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (276kB)

Abstract

Operasi adalah keadaan yang membutuhkan tindakan pembedahan. Operasi menjadi salah satu keadaan pemicu kecemasan. Terjadinya kecemasan pada pasien dikarenakan bagi pasien melakukan tindakan operasi adalah suatu keputusan yang besar.Diperlukan suatu managemen untuk meningkatkan pengetahuan pasien dan mengatasi kecemasan pasien operasi. Salah satu langkah yang ditempuh untuk mengatasi kecemasan dan mengurangi komplikasi adalah memberi pendidikan kesehatan latihan postoperatif. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan latihan postoperatif sebelum dan sesudah operasi terhadap kecemasan pasien. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian pre eksperimental dimana rancangan pra dan pasca test dalam satu kelompok (one group pratest - posttest design). Penelitian dilakukan bulan Juni 2014 di RSUD Dr.Moewardi Surakarta. Jumlah responden sebanyak 9 responden dengan teknik pengambilan sampel purpossive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner Hamilton Anxiety Rating scale (HARS) yang diberikan saat pre test dan post test.Analisis data menggunakan Uji T Dependen dengan rumus Paired-sample T Test. Hasil penelitian adalah pre test kecemasan responden dengan kecemasan sedang sebanyak 3 responden (33,3%) dan 6 responden (66,7%) dengan kecemasan berat. Post test menunjukan kecemasan ringan lebih banyak yaitu sebanyak 5 orang (55,6%) daripada kecemasan sedang sebanyak 4 orang (44,4%). Hasil uji Pairedsample T Test memperlihatkan perbedaan rerata sebelum 32,56 ± 9,96 sedangkan kecemasan responden fase post operasi 15,00 ± 3,90 dengan nilai probabilitas (pvalue) 0.000 sehingga pendidikan kesehatan latihan postoperatif sebagai perlakuan memberikan pengaruh signifikan terhadap kecemasan post operasi pada responden penelitian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecemasan, latihan postoperatif, pendidikan kesehatan, operasi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2014 11:31
Last Modified: 27 May 2016 11:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30910

Actions (login required)

View Item View Item