Pengaruh Pemberian Terapi Murottal Al Quran Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Hemodialisa Di RS PKU Muhammadiyah Surakarta

Zahrofi, Dian Nashif and , Arina Maliya, S.Kep., M.Si., Med and , Dewi Listyorini, S.Kep., Ns (2014) Pengaruh Pemberian Terapi Murottal Al Quran Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Hemodialisa Di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (536kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (189kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NP_.pdf

Download (774kB)

Abstract

Gagal ginjal kronik (GGK) adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan penurunan dari fungsi ginjal yang diakibatkan oleh proses kerusakan ireversibel. Sampai saat ini, hemodialisa (HD) merupakan alternatif utama terapi pengganti fungsi ginjal bagi pasien GGK karena mempertimbangkan dari segi biaya dan risiko terjadinya perdarahan lebih rendah jika dibandingkan dengan dialisis peritoneal. Akibat yang dirasakan saat menjalani hemodialisa seperti kram otot, hipotensi, sakit kepala, mual, dan muntah. Dampak psikologis yang dirasakan pasien adalah kecemasan. Berdasarkan observasi dan wawancara pada awal bulan Oktober 2013 di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta didapatkan enam pasien yang menjalani HD, lima orang (83%) yang dapat terkaji menggunakan instrumen Hamilton Rating Scale for Anxiety (HRS-A) didapatkan bahwa kecemasan ringan 3 pasien, dan kecemasan sedang ada 2 pasien. Untuk mengatasi kecemasan pada pasien yang menjalani hemodialisa, perawat perlu memberikan terapi relaksasi, salah satunya yaitu dengan murottal Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh pemberian terapi murottal Al-Qur’an terhadap tingkat kecemasan pasien hemodialisa di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Populasi penelitian adalah semua pasien yang menjalani hemodialisis di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta yang berjumlah 43, dan sampel penelitian sebanyak 30 responden, dengan teknik sampling purposive sampling. Instrument penelitian berupa Hamilton Rating Scale for Anxiety (HRS-A). Analisis data hasil penelitian menggunakan uji Independent t-test dan Paired t-test. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pemberian terapi murottal Al-Qur’an terhadap tingkat kecemasan pasien hemodialisa di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gagal ginjal kronik, Hemodialisa, Kecemasan, Terapi murottal Al-Qur’an
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2014 10:42
Last Modified: 27 Apr 2016 11:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30904

Actions (login required)

View Item View Item