Studi Komparasi Prestasi Belajar Tarikh Antara Siswa Kelas Campuran Dengan Kelas Terpisah Putra Putri Di Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014

Junariyah, Nurul and , Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag. and , Drs. Zainal Abidin, M.Ag. (2014) Studi Komparasi Prestasi Belajar Tarikh Antara Siswa Kelas Campuran Dengan Kelas Terpisah Putra Putri Di Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (602kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (543kB)

Abstract

Latar belakang dari permasalahan ini adalah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, terutama di Indonesia banyak sekali cara yang dilakukan terkait hal tersebut, salah satunya adalah dengan mengelompokan siswa berdasarkan tingkat kecerdasan, kepribadian dan jenis kelamin. Pengelompokan berdasarkan jenis kelamin, seperti kelas putra sendiri dan kelas putri sendiri serta ada juga kelas campuran. Konsep penataan kelas seperti ini memang seperti sistem dipesantren yang bertujuan untuk menjaga batasan antara putra dan putri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:Adakah perbedaan antara prestasi belajar Tarikh siswa kelas campuran dengan kelas terpisah putra putri di kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014? Tujuan dari penelitian ini adalah:untuk mengungkap ada atau tidak adanya perbedaan prestasi belajar Tarikh antara siswa kelas campuran dengan kelas terpisah putra putri di kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau kehidupan yang sebenarnya, sedangkan sifat penelitian ini bersifat kuantitatif melalui studi komparatif. Metode penentuan subyek menggunakan populasi, sampel dan teknik sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara; serta teknik analisis yang dipakai menggunakan analisis statistik dengan rumus Analisis Varian satu arah (Anava tunggal). Hasil analisis data ditemukan bahwa situasi pembelajaran di kelas terpisah lebih kondusif daripada di kelas campuran, kemudian untuk nilai Fo = 5,59 dan Ft: 1% = 4,98 dan 5 %= 3,15. Harga Fo hasil perhitungan 5,59 berarti lebih besar dari harga Ft baik berdasarkan taraf signifikan 5% maupun 1%. Oleh karena itu, Fo sangat signifikan dengan p < 0,01, serta hasil pengujian Mean juga menyatakan adanya perbedaan. Dengan demikian ada pengaruh pengelompokan kelas terhadap prestasi belajar siswa, sehinggahi potesis alternative diterima. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar Tarikh siswa yaitu: pembagian kelas, motivasi siswa, letak kelas, metode mengajar guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelompokkan Kelas, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Nov 2014 09:11
Last Modified: 19 Oct 2021 13:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30851

Actions (login required)

View Item View Item