Pengaruh Kompres Hangat Dan Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (Tens) Terhadap Penurunan Nyeri Haid Pada Mahasiswi S1 Fisioterapi UMS

Fitriani, Ika and , Wahyuni, S.Fis., Ftr., M.Kes, and , Agus Widodo, S.Fis., M.Fis (2014) Pengaruh Kompres Hangat Dan Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (Tens) Terhadap Penurunan Nyeri Haid Pada Mahasiswi S1 Fisioterapi UMS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (341kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (176kB)

Abstract

Latar Belakang: Secara normal haid atau menstruasi setiap bulan terjadi pada wanita. Pada saat haid seringkali wanita mengeluhkan beberapa keluhan seperti nyeri pada perut ba gian bawah, mual, muntah, diare, sakit kepala, dan nyeri punggung. Timbulnya keluhan tersebut membuat sebagian wanita merasa terganggu aktifitasnya sehingga membutuhkan pengobatan atau terapi untuk mengurangi nyeri haid tersebut. Terapi yang dapat digunakan untuk menurunkan nyeri haid tersebut yaitu kompres hangat dan TENS. Tujuan: Guna mengetahui pengaruh dan beda pengaruh dari kompres hangat dan TENS terhadap penurunan nyeri haid pada mahasiswi S1 Fisioterapi UMS. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan pendekatan pre and post test two group design. Responden pada penelitian ini yaitu Mahasiswi S1 Fisioterapi UMS dengan jumlah responden sebanyak 28 responden. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji statistik non parametrik berupa uji pengaruh menggunakan uji Wilcoxon dan uji beda pengaruh menggunakan uji Mann Whitney Hasil: Dari hasil analisa, uji pengaruh kompres hangat dan TENS menggunakan uji Wilcoxon menunjukan hasil P value=0,001 dimana hal tersebut bermakna bahwa adanya penurunan nyeri haid setelah diberikan perlakuan. Uji beda pengaruh kompres hangat dan TENS menggunkan uji Mann Whitne y menunjukan hasil P value=0.323 yang bermakna bahwa tidak adanya beda pengaruh kompres hangat dan TENS terhadap penurunan nyeri haid.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nyeri haid, Kompres hangat, TENS
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Nov 2014 13:35
Last Modified: 19 Oct 2021 12:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30821

Actions (login required)

View Item View Item