Pengaruh Thrust Manipulation Thoracic Spine Dan Stretching Terhadap Peningkatan Kemampuan Fungsi Leher Pasien Dengan Nyeri Leher

Kusmawati, Yayuk and , Umi Budi Rahayu, SSt. Ft. SPd. M. Kes and , Wahyuni, SSt.FT.M.Kes (2014) Pengaruh Thrust Manipulation Thoracic Spine Dan Stretching Terhadap Peningkatan Kemampuan Fungsi Leher Pasien Dengan Nyeri Leher. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (746kB)

Abstract

Latar Belakang: Leher melakukan fungsi paling penting dalam menyangga kepala dan memungkinkan gerakan leher sepenuhnya sekaligus melindungi sumsum tulang belakang yang halus. Nyeri leher adalah kejadian umum dengan kejadian seumur hidup mulai dari 22% sampai 70%. Lebih dari sepertiga pasien akan merasakan gejala kronis selama lebih dari 6 bulan lamanya, 3 di antaranya termasuk masalah kesehatan yang serius. Lebih dari 50% pasien sakit leher dirujuk ke fisioterapi. Prevalensi puncak pada usia pertengahan. Faktor risiko meliputi pekerjaan yang dilakukan berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama dengan posisi leher fleksi, merokok, dan sebelumnya pernah mengalami cedera leher/bahu. Tujuan Penelitian: mengetahui pengaruh terapi thrust manipulasi thoracic spine dan stretching terhadap peningkatan kemampuan fungsi leher pasien dengan nyeri leher dan beda pengaruh terapi thrust manipulasi thoracic spine dan stretching terhadap peningkatan kemampuan fungsi leher pasien dengan nyeri leher. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Experiment dengan pendekatan two group pre test dan post test selama 4 minggu dengan dosis 2 kali dalam seminggu terhadap peningkatan kemampuan fungsi leher pada nyeri leher dengan analisa data dengan uji wilcoxon dan uji mann whitney. Hasil Penelitian: Pemberian thrust manipulation thoracic spine dan strecthing sebelum dan sesudah didapatkan hasil yang signifikan. Hasil uji beda pengaruh antara thrust manipulation thoracic spine dan stretching di peroleh p-value 0,750, sehingga disimpulkan tidak ada beda pengaruh antara pemberian thrust manipulation thoracic spine dan stretching. Kesimpulan: Thrust manipulation thoracic spine dan stretching terbukti dapat meningkatkan kemampuan fungsi leher pasien dengan nyeri leher. Thrust manipulation thoracic spine lebih efektif meningkatkan kemampuan fungsi leher pasien dengan nyeri leher dibandingkan stretching.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nyeri Leher, Thrust Manipulation Thoracic Spine, Stretching, Neck Disability Indeks.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Nov 2014 06:50
Last Modified: 09 May 2016 06:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30805

Actions (login required)

View Item View Item