Pengaruh Agility Ladder Exercise Dengan Metode Lateral Run Terhadap Peningkatan Kelincahan Lari Pada Atlet Sepakbola Usia 13 Tahun DiSekolah Sepak Bola Jaten

Apriyadi, Ilham and , Dwi Rosella K, S.St FT., M.Fis and , Totok Budi Santoso , S.Fis , MPH (2014) Pengaruh Agility Ladder Exercise Dengan Metode Lateral Run Terhadap Peningkatan Kelincahan Lari Pada Atlet Sepakbola Usia 13 Tahun DiSekolah Sepak Bola Jaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (583kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Olahraga sepak bola merupakan cabang olahraga yang berkembang pesat di kehidupan modern sekarang ini. Olahraga yang bermula dari olahraga hobi yang kemudian berkembang menjadi mata pencaharian. Dalam permainan sepak bola, pemainnya harus dituntuk memiliki kelincahan lari yang bagus untuk menggiring bola menuju gawang lawan. Untuk meningkatkan kelincahan lari tersebut, dibutuhkan latihan-latihan khusus untuk meningkatkan kelincahan lari. Salah satu latihan kelincahan latihan Agility Ladder Exercise dengan metode Lateral Run. Latihan ini diterapkan di trek yang berbentuk kotak tangga dan pemain diminta untuk berlari menyamping melewati setiap kotak tanpa merubah posisi badan. Latihan ini bagus untuk meningkatkan kelincahan lari, karena latihan ini melatih koordinasi gerak dan konsentrasi yang tinggi. Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh Agility Ladder Exercise metode Lateral Run terhadap peningkatan kelincahan lari pada atlet sepakbola usia 13 tahun. Metodelogi Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode Quasi Ekperimen dengan pre and post test with control group design. Jumlah responden berjumlah 16 orang, cara pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yang telah memenuhi criteria inklusi dan eksklusi. Alat ukur kelincahan menggunakan Agility t-test. Hasil Penelitian: Data yang diperoleh berdistribusi tidak normal, uji statistik untuk uji pengaruh menggunakan uji Wilcoxon test dengan hasil memenunjukan nilai p sebesar 0,012 ( < 0,05) dan pada uji beda pengaruh menggunakan uji Mann-Whitney dengan hasil nilai p sebesar 0,000 (< 0,05). Kesimpulan: Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh Agility ladder Exercise metode Lateral Run terhadap peningkatan kelincahan lari pada atlet sepak bola usia 13 tahun di Sekolah Sepak Bola Jaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kelincahan lari, skripsi, Agility ladder exercise metode lateral run
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 12 Nov 2014 13:02
Last Modified: 09 May 2016 04:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30796

Actions (login required)

View Item View Item