Penggunaan Multimedia Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014

Juriah, Juriah and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag. (2014) Penggunaan Multimedia Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HalamaN Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (833kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Bab VI)
09._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (445kB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang begitu pesat telah memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan sistem pendidikan pada saat ini. Hal ini dapat terlihat bahwa dengan mulai banyak digunakan media pembelajaran berbasis teknologi di dalam proses pembelajaran, salah satunya berupa multimedia berbasis komputer. Dengan menggunakan media pembelajaran seperti ini, memungkinkan guru dapat menyampaikan materi pelajaran dalam bentuk yang lebih interaktif dan variatif kepada para siswa. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian adalah bagaimana penggunaan multimedia dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Muhammadiyah 3 Surkarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis hasil penelitian ini, digunakan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga bagian yaitu pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa penggunaan multimedia di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta telah membantu guru dalam usaha untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar. Untuk mencapai hal tersebut guru mengadakan variasi pada metode pembelajaran, yaitu dengan menggunakan metode active learning, dan menggunakan multimedia dalam proses pembelajaran. Cara pengajaran seperti ini dapat melatih peserta didik untuk lebih aktif lagi dalam belajar, serta mampu membangkitkan hasrat mereka dalam belajar. Sehingga dengan upaya tersebut peserta didik dapat mencapai hasil belajar secara lebih maksimal. Dengan menggunakan multimedia peserta didik dapat menerima pembelajaran dalam bentuk yang lebih nyata dan lebih konkrit, yaitu melalui materi pembelajaran dengan menggunakan LCD berupa tampilan power point. Penggunaan multimedia secara tepat yang didukung dengan peran aktif guru dalam proses pembelajaran mampu menjadikan peserta didik lebih aktif di dalam kelas. Selain itu materi yang telah divisualisasikan dengan menggunakan multimedia mampu menarik perhatian peserta didik dalam belajar, sehingga mereka menjadi lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, serta dapat meningkatkan motivasi mereka dalam belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Motivasi Belajar dan PAI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Nov 2014 07:48
Last Modified: 18 Oct 2021 02:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30777

Actions (login required)

View Item View Item