ANALISIS HUBUNGAN BIAYA, VOLUME PENJUALAN DAN LABA SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA (Survey pada Apotik di Sukoharjo)

KURNIAJI , PATUH (2009) ANALISIS HUBUNGAN BIAYA, VOLUME PENJUALAN DAN LABA SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA (Survey pada Apotik di Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B200050024.pdf

Download (70kB)
[img] PDF
B200050024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)

Abstract

Suatu organisasi bisnis maupun perusahaan dalam mencapai tujuan organisasinya membutuhkan suatu perencanaan yang baik. Perencanaan tersebut dapat membantu manajemen dalam penaksiran tingkat laba yang akan didapat perusahaan, sehingga tingkat laba menjadi lebih optimal. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah biaya, volume penjualan, harga jual dan laba yang diharapkan itu sendiri. Hal-hal tersebut dapat dihubungkan dengan suatu anlisis yaitu analisis biaya, volume dan laba. Analisis ini meliputi analisis break event point dan margin of safety. Biaya terdiri dari biaya tetap, biaya variabel dan biaya semivariabel sehingga harus dilakukan pengelompokan biaya dahulu untuk mendapatkan hasil dari analisis. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis biaya, volume dan laba serta bagaimana hasil yang didapat dalam manajemen suatu organisasi bisnis. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survei yang menggunakan kuesioner sebagai pengumpul data pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah apotik yang tersebar di kabupaten Sukoharjo. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 9 responden. Hasil penelitian ini adalah: bahwa analisis tersebut diatas berguna bagi manajemen dalam melakukan perencanaan karena dengan analisis ini dapat diketahui titik impas atau break event point, sehingga laba yang direncanakan bisa direncanakan dari titik ini. Dalam hal ini setiap responden mempunyai pencapaian yang bervariasi dalam hal tingkat penjualan, laba, dan biaya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Break Event Point, Biaya, Volume Penjualan, Laba
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 23 Jun 2009 08:23
Last Modified: 16 Nov 2010 17:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3073

Actions (login required)

View Item View Item