Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dalam Mengoptimalkan Pencapaian Tumbuh Kembang Anak Pra Sekolah Di Kecamatan Kartasura

Yusran, Yusran and , Arif Widodo, A.Kep., M.Kes and , Wiwik Setiyawati, S.Kep., Ns (2014) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dalam Mengoptimalkan Pencapaian Tumbuh Kembang Anak Pra Sekolah Di Kecamatan Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (846kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (316kB)

Abstract

Masa pra sekolah disebut masa keemasan (Golden period), jendela kesempatan (window of opportunity), dan masa kritis (critical period). Anak yang berada dalam rentang usia 0-4 tahun perkembangan kecerdasan meningkat sekitar 50%, dan usia 4- 8 tahun berkembang menjadi 80%. Perkembangan anak pada tahun-tahun pertama sangat penting dan akan menentukan kualitas dimasa depan. World health organitation (WHO) melaporkan bahwa 5-25% anak-anak usia prasekolah menderita disfungsi otak minor,termasuk gangguan perkembangan motorik halus. Secara global dilaporkan anak yang mengalami gangguan berupa kecemasan sekitar 9% , mudah emosi 11-15%, gangguan perilaku 9-15%. Menurut Dinas Kesehatan sebesar 85.779 (62,02%) anak usia prasekolah mengalami gangguan perkembangan. Sedangkan Prevelansi stunded (Hambatan pertumbuhan) pada balita di jawa tengah adalah sebesar 24,5 %. Tahun 2013 di Kota Sukoharjo terdapat sebanyak 1.136 balita yang mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan, serta terdapat 63 balita yang mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan di Kecamatan Kartasura. Untuk Mengoptimalkan pencapaian tumbuh kembang anak perlu dilakukan pendidikan kesehatan kepada ibu agar pengetahuan dan sikap ibu menigkat. Pendidikan kesehatan adalah sejumlah pengalaman yang berpengaruh secara menguntungkan terhadap kebiasaan sikap dan pengetahuan yang ada hubungannya dengan kesehatan setiap orang, masyarakat dan bangsa. Dari data yang telah didapat dari Puskesmas Kartasura didapatkan data populuasi sebanyak 7191 dan Sampel penelitian sebanyak 40 responden dengan teknik Probalility Sampling dengan cara Cluster Sampling. Instumen penelitian menggunakan skala Guttman dan skala Likert. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji Independent t-test dan Paired t-test. Kesimpulan yang diraih pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap ibu dalam mengoptimalkan pencapaian tumbuh kembang anak Pra Sekolah di Kecamatan Kartasura.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kesehatan, Pengetahuan, Sikap, Anak pra sekolah.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2014 12:18
Last Modified: 27 Apr 2016 11:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30726

Actions (login required)

View Item View Item